Survei LP3ES

Yudhoyono Lagi-lagi No 1 dalam Survei

VIVAnews - Susilo Bambang Yudhoyono kembali ditemukan dalam survei sebagai presiden paling banyak dipilih responden. Survei Lembaga Penelitian, Pendidikan dan Penerangan Ekonomi dan Sosial (LP3ES) menemukan Yudhoyono dipilih 38,1 persen responden.

Populasi pendukung sebanyak itu diperoleh melalui pertanyaan "Jika pemilihan presiden dilakukan pada hari ini, siapa yang bapak/ ibu/ saudara pilih."  Survei dilakukan antara 1-10 Desember 2008 atas 2.490 responden yang tersebar di 33 provinsi.

Di bawah Yudhoyono adalah Megawati Soekarnoputri dengan perolehan 17,2 persen. Kemudian menyusul Sri Sultan Hamengku Buwono X 9,2 persen, Prabowo Subianto 7,8 persen dan Wiranto 5,2 persen. "Artinya referensi politik masyarakat, yang dipilih ya lima tokoh ini," kata Direktur Eksekutif LP3ES Suhardi Suryadi dalam jumpa pers di kantornya, Jalan S Parman, Jakarta, Jumat, 9 Januari 2009.

Tokoh-tokoh lainnya seperti Amien Rais, Abdurrahman Wahid, Jusuf Kalla dan Hidayat Nur Wahid tidak mencapai 5 persen.

Selain mengukur elektabilitas, survei juga mengukur tingkat persepsi masyarakat. Lagi-lagi dalam survei ini, Yudhoyono paling tinggi.

Yudhoyono paling disukai 36,2 persen responden dan dinilai layak sebagai presiden oleh 37,3 persen. Kemudian Megawati disukai 17,76 persen dan dinilai layak oleh 17,1 persen.

Kemudian Sri Sultan disukai 9,4 persen dan dinilai layak oleh 9,1 persen. Prabowo Subianto disukai 7,9 persen dan dinilai layak oleh 7,9 persen. Kemudian Wiranto disukai 5,2 persen dan dinilai layak oleh 5,2 persen. Sementara yang lainnya, tidak mencapai 5 persen masing-masingnya.

Survei dilakukan dengan wawancara tatap muka dan kuisioner terhadap 2.490 responden yang tersebar di 125 desa di 33 provinsi. Sampel ditentukan secara acak proporsional. Sampling error kurang lebih 2 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Jusuf Kalla Puji Cara Prabowo Subianto Rangkul Lawan Politiknya
Vidi Aldiano dan Monica Vionna, Director of Marketing Growth Shopee Indonesia

Shopee Tawarkan Program Garansi Tepat Waktu, Begini Cara Klaimnya

Shopee berusaha untuk memberikan solusi untuk memudahkan belanja online dengan meluncurkan inovasi dan program terbaru melalui Garansi Tepat Waktu.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024