Puskaptis: 52% Persen Rindu Orde Baru

Presiden Soeharto (alm.)
Sumber :
  • Wikimedia Commons

VIVAnews - Lembaga riset Indo Barometer kemarin mengeluarkan hasil survei terbaru yang salah satunya menunjukkan kondisi Orde Baru lebih baik daripada Reformasi. Survei sejenis dilakukan Pusat Kajian kebijakan dan Pembangunan Strategis atau Puskaptis dengan hasil serupa dengan angka lebih tinggi.

"Kenapa perbedaan ini terjadi? Karena masyarakat melihat ketika zaman Soeharto kondisi ekonomi stabil, keamanan terjamin, mendapatkan sembako tidak susah, tenaga kerja terserap. Indikatornya itu," kata Direktur Puskaptis Husin Yazid dalam perbincangan dengan VIVAnews.com, Senin 16 Mei 2011.

Survei dilakukan Puskaptis pada 15-22 Maret 2011 terhadap 1.250 sampel yang disebar di seluruh Indonesia. Hasilnya, sebanyak 52 persen responden menginginkan kondisi yang sama seperti Orde Baru. Sebanyak 25 persen responden menyatakan sama saja, dan 23 persen tidak tahu atau tidak menjawab.

Sedang menurut Indo Barometer sebanyak 40,9 persen memilih kondisi pada saat masa Orde Baru. Hanya 22,8 persen yang memilih kondisi saat ini atau era Reformasi.

Menurut Hisin, masyarakat juga menilai, popularitas pemerintahan di bawah kepemimpinan Susilo Bambang Yudhoyono saat ini menurun. Hal ini disebabkan karena ada penilaian bahwa pemerintah lebih banyak disibukkan menjaga pencitraan dibandingkan kepentingan rakyat.

"Masyarakat melihat politik pencitraan ini dianggap semu. Segala masalah ditutupi dengan politik pencitraan. Masyarakat sudah jengah," ucapnya.

Walaupun pemerintah menganggap kondisi ekonomi terus meningkat, pengangguran dan kemiskinan menurun, masyarakat menilai itu hanya klaim pemerintah. Sementara, masyarakat menengah kebawah ini sudah teriak.

"Karena struktur di masyarakat kita ini ada dimenengah ke bawah. Masyarakat kita masih melihat di tataran kepentingan perut," ungkapnya. Walau begitu, masyarakat masih menganggap kondisi hukum saat ini lebih baik dibandingkan Orde Baru. (eh)

Menteri PUPR: Pembangunan Rumah Menteri di IKN Sudah 80 Persen, Target Rampung Juli
nikita rizky

Dituding Nikita Mirzani Lakukan Kekerasan, Ucapan Lebaran Rizky Irmansyah Jadi Sorotan Warganet

Baru-baru ini, hubungan Nikita Mirzani dan Rizky Irmansyah kembali menjadi sorotan publik. Pasalnya, Nikita mengungkap bahwa dirinya mengalami kekerasan fisik dan mental

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024