Mega Ajarkan Pancasila di Forum Budaya Dunia

Megawati Soekarnoputri
Sumber :
  • Antara/ Andika Betha

VIVAnews - Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri menilai prinsip-prinsip dasar Pancasila dapat diterapkan di seluruh dunia. Hal itu disampaikan Mega saat menjadi keynote speaker World Cultural Forum di Suzhou, China, Rabu, 18 Mei 2011.

“Saya sangat menyarankan bahwa prinsip-prinsip dasar Pancasila dapat sepenuhnya dipertimbangkan dan diadopsi," kata Megawati dalam World Cultural Forum itu sebagaimana yang disampaikan dalam siaran pers yang diterima VIVAnews, Rabu, 18 Mei 2011.

"Mengenai kemanusiaan, keadilan sosial, dan persaudaraan di antara bangsa-bangsa adalah nilai-nilai utama untuk membangun dunia baru dan untuk memastikan  perdamaian dunia, keadilan sosial dan kemakmuran rakyat,” papar Mega.

World Cultural Forum ini diselenggarakan oleh Kementerian Budaya Republik Rakyat China. Para peserta berasal dari berbagai negara.

Megawati sendiri hadir dalam kapasitas sebagai presiden kelima Republik Indonesia. Bagi Megawati, forum ini sangat penting dan bergengsi apalagi dengan tujuan yang sangat baik.

Megawati dalam pidatonya menjelaskan makna Pancasila untuk meyakinkan seluruh peserta forum tersebut bahwa nilai Pancasila itu sangat bermakna dalam kehidupan dan kebudayaan yang sangat beraneka ragam di Indonesia.

“Kami sangat beruntung  Bung Karno telah merumuskan Pancasila dari jantung budaya Indonesia, dan ini telah menjadi landasan dasar Bangsa Indonesia,” ucap Megawati.

Pancasila, tambah Mega, sangat menekankan pada titik-titik kesamaan nilai-nilai dan praktik sosial yang telah lama melekat dalam masyarakat sejak dahulu.

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun
Han So Hee.

Han So Hee vs Hyeri: Drama Cinta Segitiga Ryu Jun Yeol Kembali memanas!

Han So Hee lagi-lagi menjadi sorotan pengguna media sosial. Kali ini, Han So Hee disebut menyerang Hyeri melalui unggahannya pada Jumat pagi 29 Maret 2024.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024