"Survei Kami Dibiayai Pendonor"

VIVAnews – Peneliti Cirus Surveyors Group, Hasan Nasbi, mengatakan dalam menyelenggarakan penelitian, lambaganya tidak memanfaatkan dana partai maupun calon presiden. Dengan demikian, hasilnya tetap netral.

KLHK: 3,37 Juta Hektare Lahan Sawit Terindikasi Ada dalam Kawasan Hutan

"Sumber dana kami berasal dari pendonor,” kata Hasan dalam diskusi yang diikuti sejumlah lembaga survei di Hotel Sari Pan Pacific, Jalan  MH Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis 15 Januari 2009.

Cirus Surveyors Group merupakan lembaga penelitian yang dipimpin Andrinof Chaniago, dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia.

BI Catat Modal Asing Kabur dari Indonesia Rp 1,36 Triliun

Penyandang dana penyelenggaran penelitian, kata Hasan, misalnya lembaga pemerintah atau perusahaan swasta.

Asal dana penyelenggara survei itu sebelumnya dipertanyakan sejumlah anggota parlemen. Mereka meminta keterbukaan para lembaga survei. Karena pendanaan itu terkait independensi hasil survei yang diumumkan ke publik.

Mumpung Ramadhan, Ammar Zoni Banyak Berdoa Agar Segera Bebas dari Penjara

Sedangkan lembaga Lembaga Survei Indonesia dibiayai dana yang dihimpun melalui yayasan.  Saiful Mujani, direktur lembaga itu, mengatakan dana itu dikumpulkan dari keuntungan pembayaran dari survei khusus yang hasilnya tidak dipublikasi.

Pemasukan itu kemudian digunakan untuk membiayai survei sosial yang hasilnya dipublikasikan.

Endrick

Pelatih Timnas Brasil Peringatkan Real Madrid soal Endrick

Pelatih Timnas Brasil, Dorival Junior senang dengan keberhasilan Endrick mencetak gol saat bermain imbang 3-3 dengan Timnas Spanyol dalam pertandingan uji coba, kemarin.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024