Menteri Kesehatan: Rapor Kami Hijau

Endang Rahayu Sedyaningsih
Sumber :
  • ANTARA/Andika Wahyu

VIVAnews - Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih menyatakan tidak khawatir masuk dalam jajaran menteri yang terkena reshuffle. Endang menyebutkan jika memang diganti, dia akan kembali terjun ke aktivitasnya semula, yaitu menjadi peneliti.

"Saya nggak tahu, aman atau nggaknya. Tapi saya sih senang-senang aja jadi menteri, ya saya jalankan. Kalau nggak jadi menteri tetap bekerja di bidang kesehatan. Saya balik jadi peneliti," ujar Endang saat ditemui di Hotel Borobudur, Jakarta, Kamis 29 September 2011.

Endang menilai kinerja kementeriannya sekarang sudah cukup baik. Dia optimistis, apa yang dikatakan oleh Unit Kerja Presiden bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan tentang kementerian-kementerian dengan rapor merah tak termasuk kementeriannya.

"Kalau dari UKP4 sih kami mencapai target, itu agak beda. Kalau UKP4 menilai kinerja kami berdasarkan target yang kami tentukan sendiri. Jadi kami menentukan targetnya bulan sekian mencapai target sekian. Itu sudah bisa kami capai," katanya.

Endang pun mengatakan rapor Kementerian Kesehatan bulan ini jauh dari kata merah. "Hijau. Bukan bagus sekali ya, kalau bagus sekali itu lebih dari 100 persen. Tapi kami yang cukup," ucapnya.

Soal Kesehatan


Terkait dengan isu kesehatan menteri akan dijadikan salah satu ukuran reshuffle, Endang memberikan penjelasannya. Menurutnya, kondisi seseorang tidak bisa sehat 100 persen selamanya. Yang terpenting baginya adalah bagaimana menteri yang bersangkutan menjalankan tugas dan fungsinya.

"Orang sakit itu banyak, hampir semua orang kalau sudah usia 50 tahun ke atas pasti ada hipertensilah. Jadi kalau misalnya dia sakit dan nggak bisa menjalankan fungsinya baru (di-reshuffle). Tapi kalau masih bisa menjalankan fungsinya, ya masih tetep produktif," katanya.

Endang yang dikabarkan mengidap kanker, mengaku sudah dapat mengontrol kesehatannya. Dia optimistis dapat menjalankan tugas-tugasnya sebagai menteri dengan baik.

"Banyak penyakit yang terkontrol, seperti kencing manis terkontrol, hipertensi, kanker terkontrol. Tapi sembuh, saya nggak bisa bilang," katanya. (sj)

Nasib 5 Polisi yang Ditangkap Terkait Narkoba di Depok
Duel Dewa United vs Madura United

Drama 4 Gol Lawan Madura United, Dewa United Jaga Asa Tembus Championship Series

Dewa United menjaga asa mereka lolos ke babak Championship Series setelah menahan imbang Madura United 2-2 pada pekan ke-33 Liga 1 di Stadion Indomilk Arena, Tangerang.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024