Demokrat: Pemerintah Tak Larang Lady Gaga

Lady Gaga
Sumber :

VIVAnews - Sekretaris Departemen Hak Asasi Manusia Partai Demokrat, Rachland Nashidik mengatakan partainya mendukung konser Lady Gaga di Jakarta. Polri didesak untuk memberikan izin konser tersebut.

Menurut Rachland, pemerintah telah menyatakan sikap resmi bahwa konser Lady Gaga tidak dilarang. Sikap resmi itu telah disampaikan oleh Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan, Djoko Suyanto, sebagai wakil otoritas politik Indonesia.

"Pernyataan itu menjelaskan kebijakan politik hukum pemerintah yang harus dipatuhi dan dilaksanakan oleh Kapolri dan seluruh jajarannya," kata Rachland dalam keterangan tertulis yang diterima VIVAnews, Senin 21 Mei 2012.

Menurut Rachland, kebijakan politik hanya bisa diambil oleh otoritas yang dipilih oleh rakyat melalui pemilu, yakni Presiden. Kapolri, kata dia, tidak dipilih oleh rakyat, sehingga tidak boleh membuat kebijakan hukum sendiri. Kapolri, harus menjalankan kebijakan Presiden yang disampaikan oleh Menkopolhukam itu.

Menurut dia, yang harus dilakukan Kapolri adalah mengelola perbedaan pendapat dalam masyarakat terkait konser Lady Gaga dengan arif dan kreatif. Polri diminta pemerintah untuk tidak gampang melarang kebebasan berekspresi.

Presiden Iran Sebut Serangan kepada Israel sebagai "Hukuman terhadap Agresor"

"Namun di sisi lain wajib memastikan konser Lady Gaga customized, disesuaikan dengan standar umum kebiasaan, norma dan sopan santun di Indonesia," kata dia. "Penyesuaian demikian lumrah dan berlaku di mana saja."

Namun, sambung Rachland, yang paling penting bagi Polri saat ini adalah bagaimana menghapus kesan telah mengancam kebebasan hak sipil karena kabar pelarangan konser Lady Gaga ini. Menurut dia, jika itu tidak dilakukan, maka pemerintah yang akan menanggung dampaknya.

"Kapolri perlu mengingat, bahwa karena kedudukan Polri sampai hari ini masih langsung di bawah Presiden, maka ongkos politik dari setiap kesalahan Polri akan selalu terpaksa ditanggung oleh Presiden. Kapolri punya kewajiban untuk tidak memperburuk kenyataan tersebut agar tidak terus menjadi beban politik bagi Presiden," ujar dia.

Sebelumnya, Kepala Divisi Humas Polri menyatakan konser Lady Gaga kemungkinan akan mendapatkan izin. Asal panitia konser bisa melengkapi sejumlah persyaratan. Menurut Saud, sejauh ini Polri belum mengeluarkan izin karena persyaratan yang dinilai kurang dari penyelenggara.

"Kalau sudah ada, kami berikan izin. Yang penting panitia harus mengurus izin dari pemilik tempat, Dinas Pariwisata, Dinas Tenaga Kerja," kata Saud dalam konferensi pers di Mabes Polri

Ribut dengan Pemotor Lain, Pengendara Yamaha RX-King Ini Dipaksa Cium Asap Knalpotnya Sendiri
Ilustrasi pendarahan otak.

Deretan Negara yang Miliki IQ Tertinggi di Dunia, Ada 1 Tetangga Indonesia

Mengidentifikasi negara dengan penduduk yang memiliki IQ tertinggi dan paling cerdas di dunia merupakan tugas yang rumit karena melibatkan banyak faktor yang kompleks.

img_title
VIVA.co.id
15 April 2024