KPK Tetapkan Tersangka, Timwas Century Dihentikan?

Petinggi Fraksi Demokrat Nurhayati Assegaf (kanan) dan Saan Mustofa (kiri)
Sumber :
  • ANTARA/Andika Wahyu

VIVAnews - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah memasuki babak baru dalam mengusut kasus skandal bailout PT Bank Century dengan menetapkan dua tersangka. Nasib Tim Pengawas Century DPR, yang bertugas mengawasi kinerja aparat penegak hukum dalam menindaklanjuti hasil pansus angket Century DPR, di ujung tanduk.

KPU Yakin MK Tolak Amicus Curiae yang Diajukan Megawati karena Tak Ada dalam UU Pemilu

Sidang paripurna DPR hari ini, Selasa 11 Desember 2012, mengagendakan laporan Tim Pengawas Century DPR mengenai hasil pelaksanaan tugas tim itu sepanjang 2012. Setelah itu dibahas nasibnya apakah diperpanjang ataukah diputus.

Sekretaris Fraksi Demokrat, Saan Mustopa, menilai tim itu tak perlu diperpanjang lagi. Sebab, KPK telah menunjukkan kemajuan yang berarti dengan penetapan dua tersangka dari pihak Bank Indonesia dalam kasus senilai Rp6,7 triliun itu.

Meski Tengah Perang, Kekuatan Militer Rusia Tumbuh 15%, Kok Bisa?

"KPK sudah bekerja dengan maksimal dan sudah mengalami kemajuan luar biasa, saya melihat bahwa nggak ada urgensinya untuk memperpanjang Timwas Century," kata Saan jelang sidang paripurna di Gedung Nusantara DPR.

Menurutnya, lebih baik penuntasan kasus itu dipercayakan saja kepada KPK. Sehingga DPR tidak perlu memperpanjang Timwas karena banyak agenda strategis dan penting, yang juga harus mendapat perhatian serius dari DPR.

MK Tak Pertimbangkan Amicus Curiae yang Masuk Lewat dari Tanggal 16 April 2024

"Kalau pengawasan, KPK sudah berjalan, semua aparat penegak hukum sudah berjalan lah, toh pengawasan bisa dilakukan oleh Komisi III. Kan bisa diserahkan kepada Komisi III," ujarnya. 

Saan menilai, Timwas efektif ketika KPK terlihat lamban dalam menangani kasus itu. "Tapi, sekarang kan sudah mengalami kemajuan, cukup Komisi III yang lakukan pengawasan."

Bayern Munich vs Arsenal

5 Fakta Menarik Bayern Munich Usai Singkirkan Arsenal di Liga Champions

Bayern Munich berhasil menyingkirkan Arsenal di babak Perempat Final Liga Champions usai meraih kemenangan 1-0 di Stadion Allianz pada Kamis dini hari tadi, 18 April 2024

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024