Kiemas Akui Sering Beda Sikap dengan Megawati

Jokowi Temani Megawati dan Keluarga Mencoblos di TPS 031
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVAnews - Taufiq Kiemas mengaku sering berbeda pendapat dengan istrinya, Megawati Sukarnoputri, yang merupakan Ketua Umum PDI Perjuangan. Baginya, Megawati tidak hanya istri, tetapi juga sesama kader dan teman seperjuangan di Partai.

"Ibu Mega tidak hanya teman hidup, tetapi juga teman seperjuangan," ujar Kiemas, kepada wartawan seusai acara perayaan ulang tahun ke-70 sekaligus peluncuran buku biografi dirinya berjudul Gelora Kebangsaan Tak Kunjung Padam, di Jakarta, Senin, 31 Desember 2012.

Karena alasan itu, Kiemas merasa ikut bertanggung jawab terhadap partai yang dipimpin istrinya itu, sehingga perlu upaya saling mengingatkan. "Biar tidak iya iya saja, karena mungkin anak buah Bu Mega tidak ada yang berani mengkritik, makanya saya yang mengkritik," tuturnya.

Megawati pun mengatakan tidak keberatan dengan sikap suaminya, dan bahkan memang seharusnya begitu. Perbedaan pendapat bukanlah soal. "Yang penting kan visinya sama, dan tidak memaksakan, tidak pokoknya," tandasnya, di samping Kiemas.

Perbedaan dirinya dengan sang suami dipersatukan oleh satu ideologi, yakni Pancasila. Karenanya, perbedaan sekeras apa pun, cita-cita dan tujuannya tetap sama, yakni sesuai Pancasila.

"Seperti kata Bung Karno, bangsa ini harus punya ideologi. Ideologinya adalah Pancasila. Bangsa Indonesia harus menjiwai semangat Pancasila," ujar Megawati, yang pada kesempatan itu didamping putrinya, Puan Maharani.

Jika bangsa Indonesia menjiwai semangat Pancasila, kata mantan Presiden itu, perbedaan pendapat akan selalu disikapi secara bijaksana, tidak dengan kekerasan. (adi)

Catherine Wilson Ngaku Malu, Mobil Pemberian Idham Masse Ditarik Pihak Leasing
Hartono Bersaudara, Pemilik Klub Sepak Bola Italia Terkaya

Hartono Bersaudara, Pemilik Klub Sepak Bola Italia Terkaya

Selama lebih dari sepuluh tahun, konglomerat Hartono Bersaudara yakni Michael Bambang Hartono dan Robert Budi Hartono adalah orang terkaya di Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024