Gagal Lolos, PBB Ancam Golput di 2014

Rekapitulasi Verifikasi Parpol Peserta Pemilu 2014
Sumber :
  • Antara/Rosa Panggabean

VIVAnews  - Partai Bulan Bintang (PBB) Jawa Timur mengancam tak memilih alias golongan putih (golput) di Pemilihan Umum Legislatif 2014 jika partainya dipastikan tidak lolos sebagai peserta Pemilu.

"Kami akan 'off' atau tidak memilih jika nantinya PBB dinyatakan tidak lolos. Tapi semuanya nanti kami serahkan ke Dewan Pimpinan Pusat PBB," kata Ketua DPW PBB Jatim Sudarno Hadi di Surabaya, Selasa 8 Januari 2013.

Dalam hasil pleno verifikasi faktual oleh KPU Pusat, PBB dinyatakan sebagai salah satu partai politik yang tidak memenuhi syarat sebagai peserta pemilu 2014. Terkait itu, PBB bersama beberapa partai lain akan mengajukan protes dan gugatan hukum.

Bersama partai lainnya, PBB menyiapkan laporan ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dan menyiapkan materi pengaduan ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN). "Kami menunggu sikap pusat. Kalau ada yang janggal, kami akan berangkat memberikan dukungan, tapi jika tidak ada, kami cukup mendukung dari sini," katanya.

Sementara, KPU Pusat dalam putusannya Nomor 05/Kpts/KPU/Tahun 2013, menyatakan hanya 10 partai politik yang lolos verifikasi faktual sebagai peserta Pemilu 2014 yakni Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Demokrasi Indonesia-Perjuangan (PDI-P), Partai Demokrat, dan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra). Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Nasdem serta Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Sedangkan, beberapa parpol lainnya dinyatakan tidak lolos. Namun, dalam poin putusan kelima dinyatakan bahwa keputusan masih bisa diubah berdasarkan Keputusan Bawaslu atau putusan PTUN atau putusan Mahkamah Agung sebagaimana dimaksud dalam Pasal 259 Ayat (2) dan Ayat (3) serta Pasal 269 UU No 8 Tahun 2012. (eh)

Corn Imports Down to 450 Thousand Tons
VIVA Militer: Pasukan Angkatan Bersenjata Amerika Serikat di Irak

Pasukan AS di Irak dan Suriah Kena Bombardir Roket Selama 24 Jam

Pasukan Amerika Serikat (AS) di Irak dan Suriah menghadapi dua serangan roket dan ledakan drone dalam waktu kurang dari 24 jam.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024