Ketua Umum Demokrat akan Ditentukan Majelis Tinggi

Penandatanganan Pakta Integritas Partai Demokrat
Sumber :
  • Antara/Prasetyo Utomo
VIVAnews – Partai Demokrat kemungkinan akan memilih Ketua Umum secara aklamasi atau musyawarah mufakat. Calon-calon Ketua Umum Demokrat akan ditentukan lebih dulu oleh Majelis Tinggi sebelum dipilih secara aklamasi pada Kongres Luar Biasa Partai Demokrat tanggal 30-31 Maret 2013 di Bali.
Kemenkeu Monitor Dampak Konflik Israel-Iran ke Ekspor RI

Ketua Fraksi Partai Demokrat, Nurhayati Ali Assegaf, menjamin proses pemilihan Ketua Umum akan tetap demokratis sekalipun dilakukan dengan aklamasi. “Aklamasi bukan berarti tidak demokratis. Tapi kalau sudah 80 persen (kader) mengajukan nama tertentu, berarti itu kan sudah dibilang aklamasi. Daripada (membuang waktu) untuk proses voting lagi. Jadi aklamasi itu demokratis,” kata Nurhayati di gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis 14 Maret 2013.
Turis China Tewas Usai Jatuh ke Jurang Ijen, Menpar Ingatkan Pengunjung Untuk Patuhi Aturan

Menurutnya, mekanisme pemilihan nama-nama calon Ketua Umum oleh Majelis Tinggi adalah termasuk bagian dari upaya penyelamatan partai. “Semua orang boleh usung nama calon Ketua Umum, masak ketua Majelis Tinggi tidak boleh mengusung nama? Itu hal yang wajar,” kata Nurhayati.
Ogah Bawel soal Jatah Menteri PAN, Zulhas Pasrah ke Prabowo

KLB Partai Demokrat diprediksi tak akan memakan waktu lama. “Untuk memilih Ketua Umum cukup sehari sudah beres. Apalagi aspirasi yang masuk dari jajaran kader mengharapkan KLB bisa musyawarah mufakat,” ujar Ketua Dewan Pimpinan Daerah Demokrat Bali, Made Mudarta. (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya