Marzuki: Ketum Demokrat Bukan Ibas dan Ani Yudhoyono

SBY, Ani Yudhoyono & Edhie Baskoro setelah mencontreng di Pilpres
Sumber :
  • Antara/ Widodo S Jusuf
VIVAnews
Nasib 2 Debt Collector Ambil Paksa Mobil Polisi, Kemenhub Pangkas Jumlah Bandara Internasional
– Sejumlah nama sudah menyatakan bersedia menjadi calon Ketua Umum Partai Demokrat, di antaranya Wakil Sekretaris Jenderal Saan Mustofa dan Wakil Ketua Dewan Pembina Marzuki Alie. Meskipun demikian keduanya tidak melakukan deklarasi resmi, hanya berkomunikasi dengan para pendukung mereka di internal Demokrat untuk memuluskan langkah.

Elite PAN soal PKB-Nasdem Gabung Prabowo: Ini Masih Perubahan atau Keberlanjutan? 

Selain Marzuki dan Saan, nama keluarga Ketua Dewan Pembina Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono juga dimajukan sebagai calon oleh sejumlah kader. Sekjen Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) dan mantan Wakil Ketua Umum Demokrat Ani Yudhoyono dianggap layak memimpin Demokrat yang kini berada dalam kondisi sulit. SBY sendiri bahkan diusulkan untuk menjadi Ketua Umum Demokrat.
Top Trending: Habib Bahar Akui Kemenangan Prabowo Gibran hingga Seorang Ulama Kritik Nabi Muhammad


Namun Marzuki mengatakan, keluarga SBY tak akan maju menjadi Ketum Demokrat. “Tidak Ibas, tidak Ibu Ani,” kata Ketua DPR itu, Jumat 15 Maret 2013. Menurutnya, yang jelas Ketua Demokrat berasal dari kalangan internal partai. “Tidak mungkin nonkader yang baru memakai jaket biru (Demokrat) langsung memimpin partai,” ujar Marzuki.


Tak Punya Faksi


Marzuki membantah kabar yang menyebut dirinya bagian dari salah satu faksi yang ada di internal Demokrat. Menurutnya, faksi di Demokrat hanya satu, yaitu Partai Demokrat sendiri. “Saya sebagai pejuang Demokrat sejak awal, tidak pernah punya faksi yang berseberangan dengan partai,” ujar anggota Majelis Tinggi Partai Demokrat itu.


Seluruh kader Partai Demokrat, kata Marzuki, loyal kepada SBY. Namun, ujarnya, loyal bukan berarti mengesampingkan sikap kritis dalam memberikan masukan kepada pemerintahan SBY. “Pak SBY jangan dibiarkan andai ada yang tidak tepat. Itulah kecintaan kami kepada SBY. Bukan seperti beberapa orang yang sikapnya hanya ‘yes’ tapi tidak berkontribusi apa-apa. Ini bahaya untuk partai,” kata dia. (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya