Melani Leimena Dukung Toto Riyanto Jadi Ketum Demokrat

Penandatanganan Pakta Integritas Partai Demokrat
Sumber :
  • Antara/Prasetyo Utomo
VIVAnews
Terekam Pakai Gas Subsidi, Begini Pembelaan Prilly Latuconsina
– Kader-kader Partai Demokrat mulai secara terbuka memberi dukungan kepada tokoh tertentu untuk maju menjadi Ketua Umum Demokrat, menjelang Kongres Luar Biasa yang bakal digelar di Bali, 30-31 Maret 2013.

Pesan Pep Guardiola ke Real Madrid: Bukan soal Permainan, Tapi Tolong Benahi Hal Ini

Anggota Dewan Pembina Partai Demorkat, Melani Leimena Suharli, awalnya lebih suka jika Wakil Ketua Dewan Pembina Marzuki Alie yang maju menjadi Ketua Umum. Ia menganggap Marzuki sangat berpengalaman memimpin dan mengurus Demokrat karena pernah menjabat sebagai Sekretaris Jenderal Partai itu.
Dubes Australia Beri Ucapan Selamat Idul Fitri ke Umat Muslim di Indonesia


Sayangnya Marzuki terbentur syarat calon Ketum Demokrat yang tidak boleh rangkap jabatan. Saat ini Marzuki menjabat sebagai Ketua DPR, posisi vital di parlemen. Syarat tak boleh rangkap jabatan ini, kata Melani, otomatis juga menggugurkan kesempatan para menteri asal Demokrat seperti Jero Wacik, Syarief Hasan, dan Amir Syamsuddin, untuk mencalonkan diri sebagai Ketum Demokrat.


Sementara itu Sekretaris Jenderal Demokrat Edhie Baskoro Yudhoyono sudah berkomitmen untuk menjadi Sekjen Partai sampai akhir masa jabatannya di tahun 2015. Oleh sebab itu, Melani berpendapat Demokrat perlu tokoh yang lebih netral untuk menjadi Ketua Umum.


Melani pun merasa jabatan Ketum Demokrat lebih pas diemban oleh Direktur Eksekutif Partai Demokrat, Toto Rioyanto. Menurutnya, Toto Riyanto yang juga anggota Majelis Tinggi itu merupakan sosok yang netral dan aktif menghimpun aspirasi kader.


“Dia (Toto) saat ini tidak memegang jabatan apa-apa. Dia juga sering berkomunikasi dengan Dewan Pembina dan kader sampai ke daerah-daerah,” ujar Melani. Wakil Ketua MPR itu mengatakan, Toto dapat menjadi Ketua Umum Demokrat sampai tahun 2015. “Setelah itu baru Demokrat bisa cari tokoh untuk jangka panjang,” kata dia.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya