PBB: Nomor 14 Bagus di Tahun 2014

sorot kampanye pbb 2009 - Kampanye PBB
Sumber :
  • VIVA/Nurcholis Anhari Lubis
VIVAnews - Sekretaris Jenderal Partai Bulan Bintang (PBB) BM Wibowo mengapresiasi keputusan Komisi Pemilihan Umum untuk tidak mengajukan kasasi pada putusan Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PTTUN) yang meloloskan partainya.
Airlangga: Kader Golkar Siap Ditempatkan di Legislatif maupun Eksekutif

"Saya apresiasi atas keputusan KPU yang arif mempertimbangkan kemaslahatan bersama," kata Wibowo, Senin 18 Maret 2013.
Sekjen Gerindra Sebut Prabowo "The New Sukarno"

Sebab, jika kasasi, kata Wibowo, akan membutuhkan waktu lama dan merepotkan kedua belah pihak. "Bahkan, bila kalah di kasasi maka KPU akan lebih repot mengejar agenda-agenda yang harus dipenuhi khusus untuk PBB," ujar dia.
Jangan Asal Obati, Ini Cara Membedakan Antara Jerawat Purging dan Breakout

Atas keputusan KPU ini, menurutnya, PBB justru beruntung mendapat nomor 14 dalam pemilu 2014 mendatang. "Bagus, tahun 2014 pilihnya nomor 14," tuturnya.

Komisi Pemilihan Umum akhirnya meloloskan Partai Bulan Bintang sebagai peserta pemilu 2014. Mereka memilih melaksanakan amar putusan Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PTTUN) DKI Jakarta ketimbang mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung.

KPU menerbitkan keputusan nomor 142 tahun 2013 tentang penetapan PBB sebagai peserta pemilu 2014. Menurut Ketua KPU Husni Kamil Manik, KPU mempertimbangkan hak dari parpol yang berkeinginan menjadi peserta pemilu sebagaimana diatur dalam UU Nomor 2 tahun 2012 tentang Pemilu. Dalam UU itu, PTTUN memang berkewenangan mengadili perselisihan antara parpol dan KPU.

Setelah resmi lolos sebagai peserta pemilu 2014, Partai Bulan Bintang mendapat nomor urut 14. Penetapan itu tertuang dalam Surat Keputusan KPU nomor 143/2013 tentang penetapan PBB sebagai peserta pemilu 2014 dengan nomor urut 14.

Nomor urut itu karena selain 10 parpol nasional yang telah ditetapkan sebelumnya, ada tiga partai lokal di Aceh bernomor urut 11, 12, dan 13. (adi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya