PAN Usul KPU Atur Batas Biaya Kampanye Caleg

Wakil Ketua Umum PAN Drajad Wibowo & Ketua Fraksi PAN Tjatur Sapto Edy
Sumber :
  • Antara/ Ujang Zaelani

VIVAnews - Ketua Fraksi Partai Amanat Nasional, Tjatur Sapto Edy, mengusulkan agar Komisi Pemilihan Umum memberikan aturan batas pengeluaran dana kampanye oleh partai dan calon legislatif.

Imam Masjid di Inggris Dilaporkan ke Polisi Gegara Izinkan Siswa Salat

Aturan itu diperlukan agar partai atau calon legislatif tidak jor-joran saat kampanye. "Misalnya partai dan caleg itu maksimum mengeluarkan Rp4 miliar. Saya minta KPU untuk membuat aturan itu karena ada partai yang kaya sekali sehingga tidak mau dibatasi," kata Tjatur usai peluncuran buku Ketua Komisi Yudisial Eman Suparman, di gedung KY, Jakarta, Selasa, 23 April 2013.

Tjatur sendiri mengaku tidak memerlukan dana berlebih saat kampanye. Sebab, kampanye bisa dilakukan melalui pengajian-pengajian atau khotbah Jumat.

BUMN Indofarma Belum Bayar Gaji Karyawan: Benar, Kami Belum Memiliki Kecukupan Dana

Tjatur terpilih menjadi anggota Komisi III DPR periode 2009-2014  melalui Dapil VI Jawa Tengah.

"Saya sih tidak banyak karena saya kan memang orang situ (Jawa Tengah), sehingga tidak perlu mengenalkan diri lagi. Saya juga punya yayasan di situ, operasional biasa saja, tidak seperti kampanye yang ramai-ramai itu," kata dia.

Kotak di Mobil Ini Sering Dianggap Remeh, padahal Fungsinya Penting

Untuk pemilu legislatif 2014, PAN memilih caleg yang populer dan berkualitas. Itu dilakukan untuk meminimalisir biaya kampanye.

"Kalau di PAN itu 26 persen Dapil diisi nomor urut satu oleh perempuan, ini mungkin tidak ada di partai lain. Kita punya tiga menteri, tapi yang nyaleg satu saja," jelas Wakil Ketua Komisi III DPR ini. (eh)

Gedung Kejaksaan Agung

Survei LSI: Kepercayaan Publik terhadap Kejaksaan Naik Jadi 74 Persen

Keberanian Kejaksaan dalam mengusut kasus mega korupsi dinilai mendapat banyak dukungan dari masyarakat. 

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024