PPP Protes KPU Sudah Publikasikan Nama Caleg

Nomor Urut Parpol Peserta Pemilu
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Partai Persatuan Pembangunan (PPP) memprotes Komisi Pemilihan Umum karena telah mempublikasikan nama-nama daftar calon anggota legislatif. Padahal, nama-nama itu dianggap belum final dan masih bisa direvisi.

"Saya pimpinan partai, ingin sekali mengkritisi langkah KPU yang tiba-tiba melansir DCS, padahal masih memberikan kesempatan parpol untuk melakukan perubahan," ujar Wakil Sekertaris Jenderal PPP, Arwani Thomafi, Kamis 25 April 2013.

Artinya, lanjut Arwani, daftar nama-nama caleg sementara ini masih kewenangan partai. Itu sebabnya langkah KPU mempublikasi daftar itu menjadi kontraproduktif.

"Saya kira KPU bukan ingin menunjukkan transparansinya, tapi ada waktu untuk itu. KPU tergesa-gesa, saya tidak mengerti apa dasar KPU meluncurkan daftar itu," kata dia.

Arwani berencana akan menyampaikan keberatannya ini ke KPU dan mempertanyakan secara langsung apa yang melatarbelakangi mempublikasikan daftar itu.

Syamsuddin Haris Heran Albertina Ho Dilaporkan ke Dewas, Sindir Dugaan Etik Nurul Ghufron

Tambahan Informasi

Komisi Pemilihan Umum (KPU) sudah mempublikasikan daftar bakal calon Anggota DPR RI dari 13 partai politik peserta pemilu. KPU bahkan akan memberikan tambahan informasi agar tak sekedar menampilkan daftar nama mereka.

"Kita sedang melakukan verifikasi dan bisa saja nanti ditambahkan, mungkin foto atau keterpenuhan syaratnya," kata anggota KPU, Arief Budiman, di kantornya.

KPU mempublikasikan 6.576 bakal caleg dari 12 parpol. Hal itu masyarakat mengetahui siapa saja bakal caleg yang diusung partai politik.

Publikasi berdasarkan nomor urut partai, dimulai dari Partai Nasdem sampai pada PKPI diurutan ke 15. Untuk partai lokal belum masuk website karena KPU belum menerima datanya. (ren)

Bawaslu Ultimatum Jajaran Tak Main Mata Dalam Proses Rekrutmen Panwascam Pilkada 2024

Pisces

4 Tanda Zodiak Paling Sederhana dan Humble, Apakah Kamu Termasuk dalam Daftar Ini?

Ada beberapa tanda zodiak yang dikenal karena sifat-sifat sederhana dan kerendahan hati yang membuat mereka menonjol di antara yang lain. Salah satunya yaitu Virgo.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024