Hayono Isman Usul Konvensi Capres Demokrat Dilembagakan

Hayono Isman Hadir di Pernikahan Ibas - Aliya di Istana Cipanas
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi
VIVAnews - Anggota Dewan Pembina Partai Demokrat Hayono Isman, Senin 20 Mei 2013 mengusulkan agar mekanisme konvensi untuk menjaring calon presiden dan wakil presiden dipermanenkan. Sebab, proses konvensi ini dinilai sehat dan demokratis.
Innalillahi, King Nassar Berduka Ayahanda Meninggal Dunia

Mekanisme konvensi ini, diperlukan agar Ketua Umum partai tidak menyandera posisi calon presiden.
Pengunjung Coba Kelabui Petugas Lapas Yogyakarta Simpan Pil Koplo di Betis, Malah Ketahuan

"Partai betul-betul berperan sebagai penyaring capres untuk nanti melalui proses konvensi, dan itu tidak harus ketum. Kan tidak selalu ketum itu lebih baik," kata dia di Gedung DPR, Jakarta.
Pelaku Ditangkap, Begini Modus Sopir Taksi Online Todong Penumpang Rp 100 Juta

Sementara, untuk Partai Demokrat sendiri, kata Hayono, baru akan dimulai bulan Agustus. Sementara pendaftaran bakal capres dilakukan sebelum bulan Agustus. "Nanti akan ada komite yang nanti menyeleksi siapa-siapa yang akan daftar," ujar dia.

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Nurhayati Ali Assegaf mengatakan, partainya akan mengumumkan pembukaan konvensi capres pada  Juni 2013.

"Juni dimulai, setelah Bapilu (badan pemenangan pemilu) Demokrat terbentuk," kata Nurhayati di Jakarta, Senin 20 Mei 2013.

Meski mekanisme konvensi ini dilakukan secara terbuka, tak serta-merta semua orang bisa mendaftar. Akan ada aturan yang membatasi siapa saja yang boleh mendaftar. Sampai saat ini, aturan itu belum ditentukan. (umi)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya