Meski Konvensi, Capres Demokrat Tetap Diputuskan Majelis Tinggi

Mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma
VIVAnews
Jaksa KPK Panggil Febri Diansyah dkk ke Sidang SYL, Ini Alasannya
- Menghadapi Pemilu 2014 Partai Demokrat membentuk panitia konvensi calon presiden untuk memilih calon terbaik yang akan mewakili partainya. Panitia konvensi itu akan diumumkan minggu depan. Setelah itu mereka akan bekerja mempromosikan dan menyeleksi para peserta konvensi agar mengerucut menjadi satu pilihan capres.

Kutukan Sungkyunkwan Scandal: 5 Pemerannya Terjerat Kontroversi Bertubi-tubi!

Jero Wacik, Sekretaris Dewan Pembina DPP Partai Demokrat, saat ditemui di Puri Cikeas, Sabtu, 27 Juli 2013, menyatakan pilihan itu nantinya akan diajukan kepada majelis tinggi partai. Pasalnya, berdasarkan AD/ ART Partai Demokrat, majelis tinggilah yang berhak menentukan siapa capres dan cawapres yang akan diajukan. Hak ketok palu ada di tangan majelis tinggi.
Bulu Mata, Salah Satu Kunci Penampilan Kris Dayanti


Namun, Jero memastikan, siapapun peserta konvensi capres yang menjadi pemenang bakal direstui oleh majelis tinggi. "Panitia mengusulkan dari hasil polling dan survei. Yang terbaik, Presiden SBY menggaransi, seratus persen akan di-
endorse
oleh majelis tinggi," kata Jero mantap. Keputusan akhir memang menjadi wewenang majelis tinggi, namun ia tetap mempertimbangkan berdasarkan hasil kerja panitia konvensi.


Prosedurnya, Jero melanjutkan, para peserta konvensi atau calon capres dari Demokrat akan menjalani beberapa tahap. Setelah nama-nama yang lolos penjaringan diumumkan pada awal September mendatang, mereka bakal menjalani promosi atau kampanye diri. "Aturan-aturannya akan diumumkan lebih lanjut oleh panitia konvensi," ujar Menteri ESDM itu.


Pemenang dari proses itu bakal diumumkan Mei 2014. Itulah yang resmi menjadi capres dari Demokrat untuk Pemilu 2014.


Sejauh ini, meski panitia konvensi belum terbentuk dengan final, sudah ada beberapa nama yang muncul sebagai calon capres. Jero menyebutkan, ada lebih dari 10 nama yang sudah ia hubungi untuk dipinang menjadi peserta konvensi. "Sebagian besar menyatakan menyatakan sangat berminat," ucapnya sambil tersenyum. (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya