Alasan Ruhut Batal Dilantik Jadi Ketua Komisi III Hari Ini

Ruhut Sitompul
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar
VIVAnews -
Lawan Timnas Indonesia U-23, Pelatih Korea Khawatir karena Hal Ini
Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat, Pramono Anung, mengatakan pelantikan Ruhut Sitompul akan digelar Kamis 3 Oktober 2013.

Kabar Gembira Ini untuk Penggemar BTS dan Kopi

Menurut Pram, pelantikan yang sedianya digelar hari ini, Selasa 1 Oktober 2013, diundur karena Wakil Ketua DPR lainnya, Priyo Budi Santoso, berhalangan hadir karena orangtuanya meninggal dunia.
Pembunuhan Sadis, Wanita di Medan Tewas Ditangan Kekasihnya


Meski bisa dilantik oleh wakil ketua DPR lainnya, tapi Pram mengatakan, Priyo tetap ingin melantik Ruhut.


"Priyo titip pesan kepada Sekjen, beliau tetap ingin memimpin pergantian tersebut. Jadi beliau meminta pada hari Kamis," kata Pramono di Gedung DPR, Jakarta.


Politikus PDI Perjuangan itu menuturkan, jatah kursi Ketua Komisi III memang untuk Partai Demokrat. Tapi siapa yang menjadi ketua, tetap harus mendapat persetujuan dari anggota komisi yang membidangi hukum itu.


"Dalam kaitan Pak Ruhut, ini adalah hak sepenuhnya Fraksi Partai Demokrat. Mengenai siapa yang jadi ketua, tentunya Komisi III yang punya kewenangan. Apakah menerima atau menolak," kata dia.


Untuk itu, Pram menyarankan agar Fraksi Demokrat melakukan lobi-lobi ke fraksi lain untuk memanfaatkan waktu hingga hari Kamis nanti.


"Tapi kalau pada Kamis lobi itu tidak menemukan jalan keluar, ya pengambilan suara," ujar dia.


Penunjukkan Ruhut Sitompul menjadi Ketua Komisi III ditentang anggota Komisi III. Mereka menilai, Ruhut tidak pantas menjadi Ketua Komisi yang membidangi hukum.


Drama pada Selasa 24 September 2013, baru pertama kali terjadi dalam sejarah DPR RI.


Orang yang ditunjuk dan ditugaskan fraksi untuk menjadi pimpinan komisi, belum pernah ditolak secara massif oleh anggota komisi seperti ini. Bahkan, belum juga dilantik jadi ketua komisi, Ruhut sudah diminta mundur oleh anggota Komisi III. (eh)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya