Pleno KPU NTT

Pemilu di Flores Timur & Lembata 14 April

VIVAnews -  Komisi Pemilihan Umum Provinsi Nusa Tenggara Timur bersama KPU Kabupaten Flores Timur dan Lembata memutuskan pelaksanaan Pemilu di Flores Timur dan Lembata akan dilangsungkan pada  Selasa, 14 April 2009. Pelaksanaan Pemilu ini mundur lima hari dari jadwal Pemilu nasional pada 9 April 2009.

Pemilu lanjutan ini diputuskan dalam rapat pleno KPU NTT di Kupang, Senin 30 Maret 2009 malam. Rapat dihadiri Ketua KPU NTT, Johanes Depa, bersama empat anggota masing-masing Djidon de Haan, Gasim, Maryanti Luturmas, Yos Dasi Djawa, bersama Ketua KPU Kabupaten Flores Timur, Kadir H Yahya dan Ketua KPU Kabupaten Lembata, Wilhelmus Panda.

“Keputusan rapat yakni menerima usulan KPU Flores Timur dan Lembata untuk dilakukan Pemilu lanjutan pada tanggal 14 April 2009 dengan alasan tanggal 9 April bertepatan dengan Kamis Putih, di mana sebagian besar anggota KPPS dan PPK akan mengikuti upacara Samana Santa pada Kamis Putih,” kata Ketua KPU NTT, Johanes Depa di Kupang, Selasa 31 Maret 2009.

Menurutnya, keputusan ini selanjutnya akan dikonsultasikan ke KPU Pusat. “Anggota KPU NTT, Yos Dasi Djawa, sudah bertolak ke Jakarta untuk menyampaikan hasil keputusan Pemilu lanjutan ini,” tambahnya. Menurut Johanes, pleno juga memutuskan untuk mendesak KPU Flores Timur dan Lembata membentuk panitia ad hoc, dalam hal ini KPPS dan PPK dan segera melakukan bimbingan teknis.

Meski jadwal Pemilu mengalami perubahan, namun masa kampanye rapat umum tidak berubah. “Antara tanggal 9 April sampai 14 April, tidak diperkenankan partai politik melakukan kampanye. Karena dihitung sebagai masa tenang. Kalau kedapatan kampanye, maka Pengawas Pemilu akan mengambil tindakan,” ujarnya.

Masyarakat Flores Timur dan Lembata yang berada dalam Keusukupan Flores Timur, memiliki tradisi Katolik yang berbeda dengan keuskupan lainnya di Indonesia. Biasanya, pada saat prosesi Samana Santa,  jalan-jalan di kota Larantuka akan di blokir dan tidak boleh ada bunyi sound system.

Semua umat Katolik akan mengikuti acara keagamaan ini. Bahkan, setiap rumah tidak diperbolehkan menyalakan api atau melakukan aktifitas lainnya. Prosesi ini dimulai sejak 8 April dan baru akan berakhir pada Paskah Kedua yang jatuh pada tanggal 14 April. Sejak Rabu Abu, Kamis Putih, Jumat Agung, Sabtu Santo, Minggu Paskah sampai paskah kedua, yang jatuh pada Senin 13 April, masyarakat kedua kabupaten yang mayoritas Katolik mengikuti prosesi keagamaan ini.

Laporan Jemris Fointuna | Kupang

Riset: Isu Keberagaman, Kesetaraan dan Inklusivitas Masih Jadi Tantangan Perusahaan di Indonesia
Elkan Baggott saat Ipswich TownIn vs Wolves di Piala Liga Inggris

Reaksi Elkan Baggott Usai Ipswich Town Promosi ke Premier League

Elkan Baggott berpeluang tampil di Premier League musim 2024 usai klubnya pswich Town promosi ke kasta teratas sepakbola Inggris.

img_title
VIVA.co.id
5 Mei 2024