Guruh: Megawati dan Puan Tak Layak Jadi Capres 2014

Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri, Diskusi Perempuan & Peradaban Indonesia
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin
VIVAnews -
Mejeng di Pameran Kopi Terbesar di Amerika, Produk Lampung dan Bajawa Bidik Pasar Gobal
Politisi PDI Perjuangan Guruh Soekarnoputra menilai di internal partainya tidak ada tokoh yang layak menjadi calon presiden pada pemilihan presiden 2014.

Kopi Unggulan Indonesia Juara Dunia di  Specialty Coffee Expo 2024 Amerika Serikat

Bahkan, menurut Guruh, Puan Maharani dan Megawati Soekarnoputri pun tidak layak jadi capres 2014.
Kawanan Pembunuh Mirna Bermodus Begal Ditangkap, Polisi Curiga Ada Motif Lain Pelaku


"Tidak ada (yang layak). Puan pun menurut saya belum cocok untuk jadi capres. Masih banyak yang harus dia pelajari," kata adik kandung Megawati itu, di Gedung DPR, Jumat 25 Oktober 2013.


Guruh menilai, saat ini sudah bukan zamannya lagi Megawati maju menjadi capres. Presiden ke-5 itu, kata Guruh, sudah harus memikirkan bagaimana membentuk kader-kader internal partai untuk menjadi pemimpin masa depan. "Saya ini kan yang paling mengerti Ibu Mega," kata dia.


"Kalau dari PDIP saat ini masih belum ada nama lah. Di partai lain juga. Yang saya lihat capres-capres yang muncul itu ideologinya, aduh.... Karena pada masa orde baru itu kan materialistik sekali ideologinya," tuturnya.


Sehingga, lanjutnya, saat ini bukan lagi bicara mengenai ideologi. Tetapi bagaimana cara memperbaiki calon-calon pemimpin itu. "Ideologinya sudah benar Pancasila. Tapi pelaksanaan oleh orang-orangnya yang belum benar," ujar dia.


"Itu juga tugas kamu sebagai jurnalis memberikan pendidikan di tulisan kamu," kata Guruh kepada wartawan.


Menurut Guruh, sistem pendidikan saat ini juga telah menggeser nilai-nilai Pancasila sebagai ideologi bangsa.


"Tentang Presiden Soekarno juga, hanya sebagai presiden pertama saja diajarkannya, sebagai proklamator. Tetapi tidak diajarkan bahwa dia itu penggali Pancasila. Apalagi soal Marhaenisme, pasti tidak diajarkan itu," kata dia. (umi)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya