Jadi Calon Pemenang Pemilu, PDIP Siapkan Agenda Pemerintahan

Sekjen PDIP Tjahjo Kumolo, Ketum PDIP Megawati, dan Puan.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Arif

VIVAnews – Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan tak hanya berjuang untuk menang Pemilu 2014. Partai itu juga berpikir ke depan jika menang Pemilu 2014. Langkah ini selaras dengan hasil survei sejumlah lembaga yang memprediksi .

“PDIP juga menyiapkan agenda pemerintahan ke depan. Selanjutnya setelah calon presiden ditentukan, partai akan mempersiapkan arsitektur pembangunan jangka pendek, menengah, dan panjang,” kata Sekretaris Jenderal PDIP Tjahjo Kumolo, Jumat 28 Februari 2014.

Namun Tjahjo menampik PDIP telah menyiapkan susunan kabinet untuk pemerintahan 2014-2019. “Capres saja belum ditetapkan,” kata Tjahjo kepada VIVAnews.

Menurut Tjahjo, partainya akan menyiapkan langkah lebih jauh setelah mengetahui hasil pemilu legislatif yang digelar 9 April 2014. “Manakala PDIP dipercaya rakyat untuk memimpin bangsa dan negara, seluruh konsepsi pemerintahan kami akan menempatkan rakyat sebagai kekuatan utama perekonomian nasional ke depan, sekaligus untuk meletakkan dasar-dasar bagi kebangkitan Indonesia pada tahun 2045,” ujar Tjahjo.

Tahun 2014, kata Tjahjo, harus ditempatkan sebagai tahun penentu masa depan bangsa agar Indonesia kembali berdaulat, mandiri dalam hal pangan dan energi, berperikehidupan yang layak bagi rakyat, serta mampu menjadi pelita bagi bangsa-bangsa lain di dunia.

Sementara soal kabinet bayangan PDIP sebelumnya dilontarkan oleh politisi PDIP Hendrawan Supratikno. Kabinet ini menempatkan kader-kader terbaik PDIP di masing-masing bidang, dan mengkombinasikan tokoh dari internal dan eksternal partai.

Menurut Hendrawan, kabinet bayangan versi PDIP digunakan sebagai acuan jika PDIP menang Pemilu 2014. Berikut daftar menteri dalam kabinet bayangan 2014-2019 PDIP:

1. Menteri Pertanian dan Kehutanan: M. Prakosa (mantan Ketua Badan Kehormatan DPR)
2. Menteri Perikanan dan Kelautan: Romin Dahuri (mantan Menteri Kelautan dan Perikanan)
3. Menteri Perdagangan: Sri Adiningsih (politisi PDIP)
4. Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi: Maruarar Sirait (anggota Komisi XI DPR)
5. Menteri Sekretaris Negara atau Sekretaris Kabinet: Hasto Kristianto (Wakil Sekretaris Jenderal PDIP)
6. Menteri Pertanahan atau Agraria: Arif Wibowo (Wakil Ketua Komisi II DPR)
7. Menteri Pemuda dan Olahraga: Budiman Sudjatmiko (anggota Komisi II DPR)
8. Menteri Pertahanan: Tubagus Hasanuddin (Wakil Ketua Komisi I DPR)
9. Menteri yang berkaitan dengan bidang keuangan (Menteri Keuangan/Menteri Perekonomian): Arif Budimanta (anggota Komisi XI DPR)

Bright Vachirawit Konfirmasi Hubungan Asmaranya dengan Nene Pornnapan

10. Menteri Pertambangan: Pramono Anung (Wakil Ketua DPR)
11. Menteri Hukum dan HAM: Tjahjo Kumolo (anggota Komisi I DPR)
12. Kepala Badan Nasional Perlindungan dan Penempatan Tenaga Kerja Indonesia: Eva Kusuma Sundari (anggota Komisi III DPR).

(umi)

Melahirkan Berulang Kali Dapat Menjadi Risiko Kanker Serviks, Benarkah?
Anak tantrum.

Tantrum pada Anak, Apakah Ada Kaitannya dengan Makanan yang Dikonsumsi Sang Ibu Selama Kehamilan?

Tidak ada bukti yang konkrit terhadap makanan yang masuk kedalam tubuh sang ibu akan menjadikan anaknya menjadi sering tantrum di kemudian hari. 

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024