Janji Joko Widodo Bereskan Jalur Pantura

Panggung Rubuh Saat Apel Akbar Jokowi
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi
VIVAnews - Perbaikan jalan di jalur pantai utara Pulau Jawa seakan menjadi proyek tahunan yang tak kunjung usai. Setiap menjelang hari raya Idul Fitri, pengaspalan dan pengecoran selalu terjadi di jalur yang kerap digunakan para pemudilk dari Jakarta itu. Anggaran perbaikan jalannya pun tiap tahun bertambah.
Jangan Asal Obati, Ini Cara Membedakan Antara Jerawat Purging dan Breakout

Menanggapi hal tersebut, calon presiden Joko Widodo mengemukakan konsep jalur tersebut akan dibuat seperti apa ke depannya. Kata dia, Rabu 18 Juni 2014, Pantura merupakan jalur yang amat vital untuk distribusi logistik maupun mengangkut penumpang.
5 Makanan yang Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah untuk Penderita Diabetes

Supaya jalan di Jalur Pantura tidak cepat rusak, ujar Joko Widodo, maka harus dipisahkan antara fungsi transportasi untuk logistik dan transportasi untuk penumpang. Seharusnya logistik yang biasa diangkut melalui jalur tersebut dialihkan menjadi diangkut menggunakan kereta api atau jalur laut.
Persib vs Bhayangkara FC Imbang, Begini Komentar Bojan Hodak

"Manajemen distribusi logistik lewat laut dan kereta. Jalur darat itu mestinya untuk pribadi dan rute-rute pendek. Kenapa sekarang rusak terus? Karena overload," kata Joko Widodo di sela kampanyenya di Cirebon, Jawa Barat.

Menurut Joko Widodo, jalan di Jalur Pantura sering rusak karena tekanan terhadap jalan itu berat akibat pengangkutan logistik yang berlebihan. Maka apabila tidak segera dilakukan pengalihan pengangkutan logistik dari jalan ke kereta dan laut, setiap tahun Jalur Pantura akan terus rusak dan akan terus diperbaiki tanpa henti.

Pengalihan pengangkutan logistik yang melintasi Pantura ke jalur kereta api dan jalur laut, kata Joko Widodo, akan membuat biaya transportasi lebih murah.

Dengan demikian ada dua keuntungan dari pengalihan pengangkutan logistik dari pantura, yakni biaya angkut dan biaya transportasi jadi lebih murah. (air)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya