Debat Videokonferensi Capres

JK Dapat Dua Kali Aplaus, Mega & SBY Nihil

VIVAnews - Debat videokonferensi calon presiden yang ditayangkan tvOne melihatkan keunggulan calon presiden Jusuf Kalla ketika berbicara mengenai tema pendidikan. Jusuf Kalla yang mendapat bagian bicara terakhir mendapat dua kali aplaus dari Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri.

Aplaus pertama untuk JK yang berada di rumahnya adalah ketika berbicara mengenai keinginannya untuk menganggarkan 25 persen Anggaran Pendapatan Belanja Negara untuk pendidikan.

"Anggaran pendidikan 20 persen adalah minimum," ujar JK, Senin 15 Juni 2009. "Suatu saat akan kita naikkan jadi 25 persen," ujarnya. Sontak JK yang mendapat aplaus dari hadirin debat di studio tvOne.

JK kemudian melanjutkan pernyataannya, pendidikan dan ekonomi memiliki hubungan saling ketergantungan. Ekonomi maju, maka pendidikan juga maju. Jadi, menurut JK, pendidikan meningkatkan ekonomi dan ekonomi meningkatkan pendidikan.

Aplaus kedua untuk JK muncul setelah dia menyatakan sebuah perguruan tinggi harus mengembangkan riset. "Perguruan tinggi harus digabungkan dengan riset, dengan demikian dia sesuai dengan perkembangan," ujarnya kemudian diikuti aplaus. Jika dihitung dengan penutupan, maka JK mendapat tiga kali aplaus.

Kondisi ini berbeda dengan saat Megawati dan SBY menyampaikan pendapat. Mega menyatakan peran pendidikan dalam mencerdaskan kehidupan bangsa sebagaimana diamanatkan konstitusi.

Sementara SBY menceritakan keberhasilan pemerintahannya menunaikan amanat konstitusi menganggarkan 20 persen APBN untuk pendidikan. Diam-diam, kata SBY, telah terjadi reformasi pendidikan di Indonesia. Namun aplaus hanya didapatkan SBY setelah mengakhiri pemaparannya.

arfi.bambani@vivanews.com

Gong Yoo dan Song Hye Kyo Bakal Main Drama Sejarah Bareng
Timnas Indonesia

Fenomenal, Timnas Indonesia U-23 Lolos Semifinal Piala Asia U-23 Usai Kalahkan Korsel

Timnas Indonesia U-23 berhasil lolos ke babak semifinal Piala Asia U-23. Itu setelah mengalahkan Korea Selatan di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar Jumat dini har

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024