Peneliti Senior LIPI: Soal Ani, Demokrat Testing The Water

Kampanye Partai Demokrat
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVA.co.id - Peneliti senior Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Siti Zuhro melihat Partai Demokrat tengah melakukan upaya coba-coba atau testing the water dengan menyebar foto istri mantan Presiden yang juga ketua umum partai tersebut, Susilo Bambang Yudhoyono, Ani Yudhoyono, sebagai capres 2019. Mereka ingin melihat sejauh mana publik bereaksi.

Khofifah: Museum SBY-Ani di Pacitan Selesai 2021

"Bisa jadi sosok Ani Yudhoyono mulai disosialisasikan oleh Demokrat. Ini bisa jadi sebagai ajang testing the water. Kira-kira seperti apa respons publik ketika Ani Yudhoyono dicalonkan dalam pemilu 2019," kata Zuhro kepada VIVA.co.id, Rabu, 16 Maret 2016.

Apakah Ani memiliki kapasitas? Menurut Zuhro, biasanya publik akan melihat track record dan kompetensi serta leadership atau kepemimpinan yang bersangkutan saat proses menuju pemilihan presiden berjalan.

SBY Ciptakan Lagu Gunung Limo Mengenang Ani Yudhoyono, Amat Syahdu

"Apakah memenuhi kriteria atau tidak," ungkapnya.

Zuhro mengingatkan bahwa di era keterbukaan seperti sekarang ini, siapapun yang ingin mencalonkan diri dalam pemilu harus siap ditelusuri biodatanya. Dan siapapun yang ingin mencalonkan diri dalam pemilu bukan untuk coba-coba.

Kenang Pramono Edhie, Ibas: Siap Donorkan Tulang Sumsum untuk Memo

"Tapi itu dilakukan karena pertimbangan serius sesuai dengan parameter yang disyaratkan. Artinya, jangan coba-coba melamar jadi RI 1 dan RI 2 kalau tak memenuhi syarat," demikian pandangan Siti Zuhro.

Sebelumnya, Ani Yudhoyono yang biasa dipanggil Ibu Ani menjadi perbincangan di jejaring sosial. Nama Ani memuncaki percakapan di lini massa Twitter. Rupanya, sejumlah netizen tengah berbisik soal desas-desus majunya Ani menjadi calon Presiden Indonesia pada tahun 2019.

Edhie Baskoro Yudhoyono alias Ibas

Lulus Disertasi Doktor, Ibas Menangis Kenang Ibu Ani Yudhoyono

Ibas mengangkat tema disertasi mengenai pembiayaan sektor pariwisata. Ia secara khusus menyoroti Labuhan Bajo.

img_title
VIVA.co.id
10 Juni 2021