Komisi IV Apresiasi Pembinaan Masyarakat Hutan Mangrove

Tim Kunjungan Kerja Spesifik Komisi IV DPR RI
Sumber :

VIVA.co.id – Ketua Komisi IV DPR RI, Edhi Prabowo mengapresiasi pembinaan yang dilakukan Kementerian Kehutanan dan Lingkungan hidup terhadap masyarakat di sekitar hutan Mangrove Sicanang, Belawan Sumatera Utara.
 
"Kami melihat pembinaan lingkungan hutan mangrove di wilayah ini cukup baik. Sebagaimana diketahui mangrove atau hutan bakau ini sangat penting untuk mencegah abrasi laut dan terjadinya erosi pantai. Di wilayah ini tumbuhan tersebut sangat terjaga dengan baik,"ujar Edhi Prabowo saat meninjau hutan Mangrove, Sicanang Belawan, Sumatera utara, Senin 2 Mei 2016.

Bantu Lestarikan Ekosistem, JFX dan AGP Tanam Mangrove dan Lepas Satwa di Pulau Sebaru

Tidak hanya itu, lanjut politisi dari fraksi Partai Gerinda ini, di hutan mangrove tersebut juga dibuat tumpang sari. Tumpang sari lewat pembudidayaan kepiting lunak atau kepiting soka dan udang di area hutan mangrove.

Cara tumpang sari dengan pembudidayaan kepiting soka dan udang ini sangat menarik bermanfaat dan diyakini akan dapat meningkatkan penghasilan masyarakat. Oleh karena itu ia menilai cara ini harus dikembangkan di seluruh wilayah mangrove di Indonesia.

KSAD Jenderal Maruli Pimpin Gerakan Penanaman Puluhan Ribu Bibit Mangrove di Aceh

"Tadi sempat dijelaskan Dirjen Kehutanan bahwa wilayah seperti ini di Indonesia ada tiga juta. Kalau bisa dikembangkan ke semua wilayah tentu akan semakin baik. Saya yakin ini akan menambah penghasilan masyarakat sekaligus menjadi solusi atas masalah sulitnya mencari pekerjan. Mereka tidak harus ke kota, cukup melakukan budidaya kepiting dan udang di hutan mangrove, sekaligus menjaga lingkungan,"ujarnya.

Hal tersebut pun diamini oleh pimpinan dan anggota Komisi IV lainnya yang ikut dalam kunjungan tersebut, seperti Siti Hediati Soeharto, Rahmat Handoyo,Azhar Romli, Ichsan Firdaus,Delia Pratiwi Sitepu,Darori Wonodipuro,Luther Kombong,Guntur Sasono, Hamdani, Andi Akmal Pasluddin, Eko Hendro Purnomo, Sudin, Dardiansyah, dan Fadly Nurzal yang memiliki Dapil di Medan, Sumatera Utara. (www.dpr.go.id)

30 Mahasiswa dari 6 Negara Diajarkan Cara Kelola Sampah Jadi Bahan Bakar
Sandiago Uno ke Wisata Mangrove di Tanjung Jabung Barat, Jambi

Kunjungi Wisata Mangrove di Jambi, Menteri Sandiaga Uno: Pertahankan Ekosistem

Kunjungi Wisata Mangrove, Menteri Sandiaga Uno: Pertahankan Ekosistem

img_title
VIVA.co.id
18 Maret 2024