Eep S Fatah: PAN Harus Cari Diferensiasi

Eep Saefulloh Fatah
Sumber :
  • Antara/ Yudhi Mahatma

VIVA.co.id – Pengamat politik dari Universitas Indonesia, Eep Saefulloh Fatah ikut memberikan 'wejangan' dalam diskusi Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Partai Amanat Nasional (PAN) 2016. Semakin tumbuhnya partai politik 'pesaing', Eep menyarankan PAN untuk mengubah haluan kapal dari partai lain.

Gara-gara Survei, Erwin Aksa Sentil Eep Saifullah

"PAN harus punya kesadaran penuh, mencari diferensiasi, di masalah yang belum terpecahkan, tidak menunggu musimnya," ujar pengamat yang akrab disapa Kang Eep itu saat pemaparannya di Hotel Grand Mercure, Jakarta Minggu 29 Mei 2016.

Contohnya saja dalam hal pemecahan masalah, dikatakan biasanya partai politik akan mengarahkan tujuan kepada masalah yang sedang diramaikan.

Pakai Masker 'Bebaskan JRX', Eep: Kebebasan Berbicara Harus Ditegakkan

Menurutnya, kata kunci PAN sepanjang masa, bisa dijadikan sebagai pembeda  dengan partai politik lainnya. Bahwa, penyelesaian masalah tidak hanya terpaku pada permasalahan tertentu.

Selain diferensiasi masalah, Eep juga meyarakankan PAN untuk memegang wilayah kabupaten dan kota. Sebab dari hasil survei yang ia lakukan, tidak ada satu pun partai yang 'bertarung' di Kabupaten dan kota.

Lembaga Survei Diminta Jujur

"Memang betul partai memiliki masing-masing Provinsi, PAN punya peluang untuk menangkan kKabupaten dan kota," ucap dia.

 Eep Saefulloh Fattah

Eep: Bebaskan Jerinx

Kita wajib memperjuangkan kebebasan berbicara sebagai hak konstitusi.

img_title
VIVA.co.id
23 September 2020