Politikus Demokrat Siapkan Pertanyaan untuk Cecar Tito

Politisi Partai Demokrat, Benny K. Harman.
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id - Wakil Ketua Komisi III DPR, Benny K Harman, mengaku tengah menyiapkan pertanyaan bagi calon Kapolri, Tito Karnavian, yang akan mengikuti fit and proper test besok. Pertanyaan tersebut di antaranya mengacu pada hasil survei kepolisian yang dianggap masih buruk oleh masyarakat.

Tito Karnavian: Istri Kedua Santoso Ditangkap di Pegunungan

"Dalam survei menunjukkan bahwa kepercayaan publik untuk lembaga ini belum pulih," kata Benny di Gedung DPR, Jakarta, Rabu, 22 Juni 2016.

Buruknya kepercayaan masyarakat tersebut mengacu pada perilaku, tindakan, pelayanan kepolisian baik secara individu keanggotaan maupun lembaga Polri sendiri.

Jenderal Tito: Kelompok Santoso Semakin Melemah

"Dengan kondisi ini, reformasi internal itu perlu. Ini untuk merespons tuntutan masyarakat," ujarnya.

Politikus Partai Demokrat itu mengakui reformasi di internal Polri memang berjalan, namun lambat. Percepatan itu menjadi tugas Tito sebagai kapolri nantinya.

Alasan Tito Karnavian Pilih Suhardi Jadi Bos Pembasmi Teror

"Kita mau tahu apa konkret dan fokusnya, apa ukurannya. Karena institusi kepolisian tentu banyak yang dilakukan, banyak kemajuan, tapi banyak yang perlu dibenahi," ujarnya.

Selain merespons harapan masyarakat akan reformasi, menurut Benny, Tito mempunyai pekerjaan rumah yang berat di internal Polri sendiri.

"Seperti pembenahan SDM, pendidikan, promosi, mutasi seperti apa, rekrutmen. Selama ini kan ada permainan, penempatan Kapolres, Kapolsek, Kapolda ukurannya tidak jelas. Sarat dengan kepentingan," tegasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya