Indonesia Perlu Memperoleh Keuntungan dari Diaspora

Anggota Komisi I DPR RI Andreas Hugo Pariera
Sumber :

VIVA.co.id – Anggota Komisi I DPR RI Andreas Hugo Pariera menegaskan bahwa republik ini harus mampu memberdayakan seluruh diaspora yang tersebar di berbagai negara. Apalagi, kondisi perekonomian bangsa yang sedang tidak sesuai harapan.

Komisi I DPR: KSAD Tarik Pengamanan Pribadi untuk Hillary Lasut

“Indonesia perlu untuk memperoleh keuntungan dari diaspora yang sedang menjadi fenomena,” kata Andreas di DPR RI, Selasa, 23 Agustus 2016.

Pemanfaatan diaspora oleh negara-negara asing, sudah sering terjadi. Sebagai contoh, kata Andreas, seperti India. India, lanjut Andreas, terbukti berhasil membangun industri Informasi Teknologi (IT) setelah sekian banyak diasporanya di luar negeri kembali ke tanah airnya.

DPR Tagih Penjelasan KSAL soal Dugaan Pungli Bebaskan Kapal Asing

“Yang membangun pusat IT di India itu kebanyakan orang mereka yang pernah ke luar negerinya, termasuk ke Inggris,” kata Andreas lagi.

Demikian pula dengan negara Cina. Andreas membenarkan bahwa berkembangnya ekonomi negara tirai bambu itu tidak lepas dari dukungan yang diberikan oleh diaspora mereka, sekalipun ada di luar negeri.

Komisi I DPR Minta Seleksi Direksi LPP RRI Ditunda

“Begitu juga yang dilakukan Cina. Mereka melayani kepentingan diasporanya. Dilayani biro hubungan luar negeri tingkat kabupaten,” jelas Andreas saat diskusi di media center.

Andreas juga membenarkan bahwa pemerintah Indonesia saat ini berkeinginan untuk membawa pulang para diaspora yang masih tersebar pada beberapa negara itu.

“Negara memang ingin menarik kembali human capital flight yang pernah terjadi,” ujar Andreas.  (webtorial)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya