Jokowi: Banyak yang Ajukan Calon Pengganti Arcandra

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Agus Rahmat

VIVA.co.id - Presiden Joko Widodo bicara soal sosok Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) sebagai pengganti Arcandra Tahar yang diberhentikan pada 16 Agustus 2016. Banyak orang yang mengajukan nama calon tetapi belum diputuskan satu pun.

Menteri LHK: Pembangunan Tak Boleh Terhenti Atas Nama Deforestasi

"Yang mengajukan banyak sekali, tapi yang dipilih nanti," kata Jokowi kepada wartawan seusai membuka Rakernas I Asosiasi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Seluruh Indonesia di Jakarta pada Selasa, 30 Agustus 2016.

Presiden memastikan posisi menteri yang ditinggalkan Arcandra segera diisi. Posisi itu dijabat sementara oleh Luhut Binsar Panjaitan, yang merangkap Menteri Koordinator Kemaritiman. 

Menko Luhut Ingatkan Visi Poros Maritim Dunia Harus Terealisasi

Kepala Negara menolak menjawab pengganti Arcandra adalah kader partai politik atau nonpartai politik dan hanya mengatakan dalam waktu dekat segera ada Menteri ESDM yang baru.

Arcandra diberhentikan dari jabatannya sebagai Menteri ESDM karena dia memiliki dua kewarganegaraan, yakni Indonesia dan Amerika Serikat.

Bonus Setara, Ketua NPC Indonesia Apresiasi Presiden dan Menpora

Sementara, syarat utama menjadi pejabat penyelenggara negara adalah warga negara Indonesia. Indonesia juga hanya menganut kewarganegaraan tunggal. (ase)

Menteri Perdagangan, Muhammad Lutfi.

Mendag Lutfi Dinobatkan Jadi Pemimpin Terpopuler oleh Warganet

Menteri Perdagangan, Muhammad Lutfi, dinobatkan sebagai Pemimpin Paling Populer 2021. Penghargaan diberikan oleh PR Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
10 Desember 2021