Pencalonan BG sebagai Kepala BIN Disebut Politik Akomodasi

Wakil Kepala Polri, Komisaris Jenderal Polisi Budi Gunawan. Budi tengah diusulkan menjadi kepala BIN menggantikan Sutiyoso.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id - Pengamat politik dari Universitas Padjajaran, Idil Akbar menilai, usulan nama Budi Gunawan (BG) dalam pergantian kepala Badan Intelijen Negara (BIN) bukan soal usia. Menurutnya, penempatan BG ke BIN lebih sebagai politik akomodasi.

Bareng Jenderal BG, Jokowi Pantau Vaksinasi Door to Door di Klaten

"BG sebentar lagi juga akan pensiun dari Polri. Politiknya di sana. Saya kira jadi bukan masalah regenerasi," kata Idil saat dihubungi VIVA.co.id, Jumat, 2 September 2016.

Namun, menurutnya, kalau dari sisi kemampuan dan kapasitas hal itu perlu diuji. Terutama saat ini BIN banyak disorot terkait masalah kedatangan koruptor buron tempo hari atau yang terbaru soal kewargaanegaraan ganda Arcandra.

Jokowi Puji Program Budi Gunawan

"Dengan posisi BG yang merupakan perwira tinggi Polri saya kira memiliki kapasitas intelijen. Di BIN inilah kapasitas tersebut akan diuji." 

Sebelumnya, Mensesneg Pratikno menyerahkan surat pergantian Kepala BIN pada Ketua DPR. Nama yang diusulkan untuk posisi tersebut adalah Budi Gunawan. Pratikno hanya menyebutkan alasan pergantian BIN sebagai regenerasi di tubuh lembaga tersebut.

Lihat Vaksin Pelajar Madiun, Jokowi Ditemani Budi Gunawan

(mus)

Kepala BIN Budi Gunawan

Kepala BIN: Konsep Smart City IKN Perpaduan Modern dan Tradisi

Kepala BIN Budi Gunawan mengatakan IKN Nusantara akan membuat wajah Indonesia berbeda dengan sebelumnya.

img_title
VIVA.co.id
18 Februari 2022