Soal Kepala BIN, Golkar Tunggu Sikap Setya Novanto

Ketua Komisi II DPR Zainudin Amali (kiri).
Sumber :
  • Antara/ M Risyal Hidayat

VIVA.co.id - Anggota Komisi I dari Fraksi Partai Golkar, Zainudin Amali menyambut positif pergantian Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) dari Sutiyoso ke Budi Gunawan. Secepatnya, mereka akan membahas persoalan tersebut di tingkat internal.

Bareng Jenderal BG, Jokowi Pantau Vaksinasi Door to Door di Klaten

"Dan akan minta arahan dari Ketua Fraksi serta Ketum DPP Partai Golkar," kata Amali ketika dihubungi, Jumat, 2 September 2016.

Kemudian, Fraksi Golkar juga akan berkomunikasi dengan fraksi-fraksi lain, terutama setelah Komisi I resmi mendapat penugasan untuk menindaklanjuti Budi Gunawan. "Kami juga segera berkoordinasi dengan fraksi-fraksi lain di Komisi I, apabila proses fit and proper test sudah ditentukan jadwalnya," ucap Amali.

Jokowi Puji Program Budi Gunawan

Amali mengatakan, Presiden Joko Widodo pasti telah mendapatkan masukan-masukan dari berbagai pihak terkait pergantian ini. Karena itu, dia menilai Jokowi sudah memiliki pertimbangan yang sangat matang. "Keputusan Presiden tersebut harus segera direspons sehingga segera mendapatkan kepastian dan tidak menjadi berita yang simpang siur," kata Amali.

Sebelumnya, pada Jumat pagi ini Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengirimkan surat ke DPR terkait posisi Kepala BIN yang baru. Komisaris Jenderal Polisi Budi Gunawan, diajukan Presiden Joko Widodo menggantikan Sutiyoso.

Lihat Vaksin Pelajar Madiun, Jokowi Ditemani Budi Gunawan

Setelah ini maka melalui Badan Legislatif (Baleg), akan dilimpahkan ke komisi terkait yakni Komisi I untuk dilakukan fit and proper test. Dewan hanya memberi pertimbangan, tidak berhak menolak atau menerima usulan Presiden tersebut.

(mus)

Kepala BIN Budi Gunawan

Kepala BIN: Konsep Smart City IKN Perpaduan Modern dan Tradisi

Kepala BIN Budi Gunawan mengatakan IKN Nusantara akan membuat wajah Indonesia berbeda dengan sebelumnya.

img_title
VIVA.co.id
18 Februari 2022