DPR Usulkan BG Segera Pensiun Dini

Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah
Sumber :

VIVA.co.id – Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah menilai tidak ada masalah kalau ada dua polisi aktif berpangkat jenderal, itu akan memunculkan matahari kembar di institusi Polri. Kedua jenderal itu adalah Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian dan Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Jenderal Pol Budi Gunawan (BG).

Putra Kepala BIN Jadi Ketum Sayap Pemuda PDIP, Begini Sosoknya

Budi diangkat sebagai jenderal penuh setelah menerima keputusan Presiden Jokowi terkait pengangkatannya sebagai Kepala BIN.  

"Yang penting tempat bekerjanya berbeda," tegas Fahri Hamzah pada wartawan di Gedung DPR RI Jakarta, Selasa 13 September 2016.

Sindir PKS, Fahri Hamzah: Pradi itu Korban Terakhir

Karena itu politisi PKS itu mengusulkan agar Budi segera pensiun dini, agar menjadi sipil murni. Dengan demikian, Budi bisa tenang memimpin BIN tanpa disorot publik terkait pangkat jenderalnya.

"Saya kira Pak BG juga sudah jadi jenderal, makanya perlu pensiun dini agar menjadi sipil murni," ujarnya.

Jokowi Marah hingga Ancaman Reshuffle, Salah Siapa?

Meski dilantik sebagai Kepala BIN yang baru, BG diketahui belum pensiun dari jabatannya sebagai anggota Polri. BG baru akan memasuki masa pensiun tahun 2017 mendatang.

Tito Karnavian menegaskan, jika secara struktural, Budi sudah tidak lagi menduduki jabatan di instansi Polri. Artinya, komando Polri tetap berada di tangannya.

"Kewenangan penanganan komando Polri ada di tangan Kapolri. Pak BG itu penanggung jawab Komando di BIN, tapi kami tetap jaga hubungan komunikasi lainnya,” katanya. (webtorial)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya