Yakin Pilkada Lancar, Mendagri Tetap Cermati Aceh dan DKI

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo.
Sumber :
  • VIVA/Nadlir

VIVA.co.id – Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo yakin Pemilihan Kepada Daerah (Pilkada) 2017 mendatang secara keseluruhan akan berjalan lancar. Pemetaan konflik lintas lembaga pun sudah dikoordinasikan.

Gelar Rakornas, PDIP Mulai Panaskan Mesin Partai untuk Pilkada Serentak 2024

"Kami optimistis. Kapolri, Dewan Perwakilan Daerah (DPD), Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) yang memetakan area konflik," kata Tjahjo di Gedung DPR, Jakarta, Senin 19 September 2016.

Ia melanjutkan, Kapolri dan Badan Intelijen Negara (BIN) akan saling berkoordinasi dari sisi keamanan dan ketertiban. Sejauh ini informasi dari BIN tidak ada masalah terkait Pilkada.

Sekda Depok Maju Pilkada, Minta Dukungan Ridwan Kamil

"Hanya harus dicermati masalah Aceh dan DKI Jakarta. Secara optimis 269 Pilkada di 2015 itu lancar. Kami yakin di 101 daerah tahun depan akan lancar juga," kata Tjahjo.

Dari 101 lokasi Pilkada serentak tahun depan, pemilihan gubernur akan berlangsung di tujuh provinsi, antara lain Aceh, Bangka Belitung, Banten, DKI Jakarta, Sulawesi Barat, Gorontalo dan Papua Barat. Sedangkan untuk Pilkada pemilihan bupati dan wakil bupati digelar di 76 kabupaten dan pilkada wali kota dan wakil wali kota digelar di 18 kota.

Elektabilitas Irjen Ahmad Luthfi Tertinggi di Pilgub Jateng

(ren)

Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja

Bawaslu Akan Awasi Pembagian Bansos di Pilkada Serentak 2024

Bawaslu RI menyatakan bantuan sosial (bansos) akan menjadi salah satu poin pengawasan dalam Pilkada serentak 2024.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024