Barometer Nasional, Pikada DKI Harus Minim Kecurangan

Para calon gubernur dan wakil gubernur untuk Pilkada DKI Jakarta 2017.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id – Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Farouk Muhammad berharap para peserta Pilkada DKI Jakarta 2017 bisa bersaing dengan adu program dan gagasan solutif untuk membangun Jakarta. Dia mengingatkan, Pilkada Jakarta adalah barometer pilkada serentak yang mendapatkan perhatian secara nasional. 

Keren! Bali Jadi Destinasi Pilihan Sadhguru untuk Healing dan Terapi Penyembuhan

"Secara faktual publik tersedot perhatiannya dengan Pilkada DKI karena dianggap sebagai barometer nasional," kata Farouk melalui pesan tertulis, Minggu 25 September 2016.

Dia mengingatkan, Pilkada 2017 juga tidak hanya diikuti oleh daerah ibu kota namun 100 daerah lainnya di Indonesia. Pada pilkada serentak tahun depan, tujuh provinsi akan memiliih kepala daerah baru juga 76 kabupaten dan 18  kotamadya lainnya.

Gencarkan Promosi, Langkah Sandiaga Pulihkan Pariwisata Gunung Ruang usai Erupsi

"Padahal di saat yang bersamaan ada lebih dari seratus pilkada lainnya yang digelar di seluruh Indonesia," ujar Farouk.

Menurutnya, Pilkada DKI Jakarta harus menunjukkan contoh proses pilkada yang tertib, aman dan memberi contoh pendidikan demokrasi bagi daerah lain. Pilkada Jakarta diharapkan minim kecurangan dan sengketa.  

Kemenparekraf Fasilitasi 24 Jenama Kreatif di Italia

"Serta proses demokrasi berjalan dengan baik dengan minimalisasi celah-celah politik uang atau money politics, intimidasi, pencurian suara, politisasi birokrasi, dan lain sebagainya," kata Farouk.

Tradisi Melukat

Pemprov Bali Bantah Komersialisasi Ritual Melukat Bagi Delegasi WWF

Sekertaris Daerah Provinsi Bali Dewa Made Indra mengatakan, tidak ada komersialisasi untuk rencana Melukat bagi peserta konferensi World Water Forum ke-10.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024