Alasan Pilkada DKI Dianggap Jadi Batu Loncatan Pilpres

Penyelenggaraan pilkada serentak di Indonesia.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ANTARA FOTO

VIVA.co.id – Pengamat politik dari Universitas Padjajaran Idil Akbar mengatakan, sering ada pandangan bahwa ajang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta menjadi batu loncatan bagi para calon gubernur untuk maju ke tahapan lebih tinggi, yaitu pemilihan presiden (pilpres) 

PKB Mengadu ke KPU Lamongan

"Sebab hal ini mencontoh Jokowi (Presiden RI Joko Widodo) yang menjadikan Pilkada DKI untuk kemudian dijadikan sebagai batu loncatan menuju kursi Presiden," kata Idil saat dihubungi VIVA.co.id, Kamis, 6 Oktober 2016.

Menurutnya, tak ada jaminan di antara tiga nama bakal calon gubernur DKI saat ini akan terpilih juga sebagai calon presiden RI. Namun DKI 1, sebutan untuk jabatan gubernur DKI Jakarta, dianggap posisi strategis secara politik. Sebab, posisi Jakarta sebagai Ibu Kota yang menjadi barometer bagi dinamika politik di pusat. "Penguasaan DKI akan memiliki dampak yang cukup berpengaruh dalam Pilpres nantinya," kata Idil.

Duh, Kantor Jurdil2019.org Diintai Orang Tak Dikenal

Soal siapa saja yang berpeluang besar maju dalam pemilihan presiden (Pilpres) 2019, ia menilai, kemungkinannya masih cair. Misalnya, kata dia, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok bisa maju bersama Jokowi atau bisa juga bersama orang lain atau tidak maju sama sekali.

Seperti diketahui, tiga pasang bakal pasangan calon gubernur (cagub) dan calon waki gubernur (cawagub) DKI Jakarta telah mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta. Mereka adalah pasangan bakal calon petahana Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat, Agus Harimurti Yudhoyono-Sylviana Murni, Anies Baswedan-Sandiaga Uno.

Gubernur Anies Hargai Proses Perhitungan Suara di Pemilu Serentak 2019

(mus)
 

ILUSTRASI - Pasangan capres dan cawapres di Pilpres 2019. (Grafis: TIMES Indonesia)

Rektor Pakuan: Klaim Menang Pilpres 2019 Agar Disikapi Hati-hati

Klaim kemenangan hasil Pemilu 2019 harus pastikan dari sikap KPU.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2019