Deretan Artis yang Akan Ikut Berjibaku di Pilkada DKI

Sophia Latjuba.
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVA.co.id - Artis menjadi figur yang diminati partai politik dalam setiap kontestasi baik Pemilu, Pilpres ataupun Pilkada. Popularitas yang mereka sandang menjadi salah satu alasannya. Mereka dinilai bisa menarik suara sebanyak-banyaknya bagi partai ataupun seorang calon tertentu.

Ogah Usung Anies di Pilgub Jakarta, Gerindra: Kita Punya Jagoan Lebih Muda dan Fresh

Situasi serupa terjadi di Pilkada DKI Jakarta. Sejumlah artis masuk ke dalam tim pemenangan para calon. Pada Pilkada yang akan digelar 2017 itu, terdapat tiga bakal calon yaitu Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dan Djarot Saiful Hidayat, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno, serta Agus Harimurti Yudhoyono dan Sylviana Murni.

Salah satu contoh adalah Sophia Latjuba yang masuk tim pemenangan Ahok-Djarot. Menurut Ketua DPP Partai Nasdem Martin Manurung, Sophia masuk karena dinilai bisa membawa keuntungan bagi Ahok-Djarot. Sebab, pesona dan daya pikatnya akan menarik publik non-politis untuk mendukung Ahok.

Gerindra Siapkan Kader Internal yang Potensial Menang di Pilkada Jakarta

"Sophia memiliki appeal ke kelompok-kelompok masyarakat yang belum tersentuh oleh partai. Ditugaskan untuk meraih pemilih yang non-politis serta mengajak teman artis lainnya untuk peduli dengan kelanjutan pembangunan DKI Jakarta di bawah kepemimpinan Ahok-Djarot," kata Martin.

Selain itu, Martin mengakui bahwa Sophia merupakan kader Partai Nasdem. Sedangkan Nasdem adalah salah satu partai pendukung Ahok-Djarot.

KPU DKI Sudah Antisipasi Banjir saat Proses Pemungutan Suara Pilgub 2024

"Kebetulan sekarang Pilkada DKI Jakarta, maka Sophia ditugaskan partai untuk memperkuat tim pemenangan Ahok-Djarot," kata dia.

Berikut adalah para artis, atau eks artis yang akan ikut berjibaku di Pilkada DKI Jakarta:

1. Sophia Latjuba (Ahok-Djarot)
2. Ruhut Poltak Sitompul (Ahok-Djarot)
3. Moreno Suprapto (Anies-Sandiaga)
4. Hengki Kurniawan (Anies-Sandiaga)
5. Hemalia Putri (Anies-Sandiaga)
6. Eko Hendro Purnomo alias Eko Patrio (Agus-Sylvi).

Selain nama-nama itu, sejumlah artis lain juga tercatat sebagai kader dari partai pengusung yang tentu siap bila ditugaskan untuk ikut berkampanye. Mereka antara lain Arzeti Bilbina (PKB), Okky Askowati (PPP), Venna Melinda (Demokrat), Inggrid Kansil (Demokrat), Krisna Mukti (PKB), Desy Ratnasari (PAN), Anang Hermansyah (PAN), Lucky Hakim (PAN), Primus Yustisio (PAN), Rachel Maryam (Gerindra), dan lain-lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya