DPR: Operasi Pungli Jangan untuk Pencitraan

Bambang Soesatyo
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id – Ketua Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Bambang Soesatyo mengatakan bahwa gebrakan operasi pemberantasan pungli (OPP) oleh Polri patut diapresiasi. Hal itu, menurut dia, sejalan dengan revitalisasi hukum yang tengah digalakkan. Namun ia meminta agar OPP tidak gertak sambal semata.

Bamsoet Dukung Prabowo-Gibran Rangkul Parpol di Luar KIM Demi Indonesia Emas

"Kami berharap OPP tidak hangat-hangat kotoran ayam untuk sekadar pencitraan dan upaya pengalihan isu," kata Bambang di Senayan, Jakarta, Kamis 13 Oktober 2016.

Menurut Politikus Partai Golkar ini, pemberantasan pungli dan revitalisasi harus memprioritaskan perbaikan kualitas penegakan hukum. Apalagi, kata dia, saat ini kepercayaan masyarakat terhadap aparat dan institusi penegakan hukum sudah mencapai titik terendah.

Brigjen Nurul Bicara Strategi STIK Lemdiklat Cetak Pemimpin Polri yang Mumpuni

"Banyak oknum penegak hukum justru menjadi bagian tak terpisah dari praktik mafia hukum dan mafia peradilan," ujar Bambang.

Dia mengatakan, masyarakat berharap banyak pada inisiatif Presiden untuk melakukan revitalisasi hukum yang rencananya akan dituangkan dalam beberapa paket kebijakan hukum. Presiden diharapkan bisa menangkap aspirasi dan kebutuhan masyarakat.

Ketua MPR: Putusan MK Menjadi Akhir dari Berbagai Upaya Hukum Konstitusional

"Penegakan hukum yang rusak parah saat ini bukan disebabkan oleh ketidakmampuan aparat penegak hukum, melainkan karena faktor moral oknum penegak hukum dan pengawasan yang masih jauh dari efektif," kata Bambang. (ase)

Drama Crash

Drama Korea Crash Akan Tayang Perdana di Disney+ Hotstar pada 13 Mei 2024

Sebuah gebrakan baru dalam dunia hiburan akan segera hadir dengan kehadiran drama Korea yang menarik perhatian berjudul Crash. Drama ini akan tayang perdana pada 13 Mei.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024