DPR Sampaikan Duka Cita Atas Meninggalnya Raja Thailand

Foto Raja Thailand Bhumibol Adulyadej di Siriraj Hospital, Bangkok.
Sumber :
  • REUTERS/Chaiwat Subprasom

VIVA.co.id – Wakil Ketua DPR RI Taufik Kurniawan turut berduka cita atas meninggalnya Raja Thailand Bhumibol  Adulyadej.

Tantangan Berat, Setjen dan BK DPR Dorong Pemuda Optimis Bangun NKRI

"Saya mengenal Raja Bhumibol sebagai Raja yang merakyat, hidup sederhana dengan kepribadian yang bersahaja sehingga sangat wajar jika sang Raja sangat dicintai rakyatnya," ujar Taufik lewat pesan tertulis, Jumat 14 Oktober 2016.

Menurut Taufik, selama 70 tahun memimpin kerajaan Thailand sejak naik tahta pada 9 Juni 1946, tentunya telah banyak peristiwa politik yang dialami oleh Raja Bhumibol, termasuk peristiwa kudeta militer yang terjadi sebanyak 17 kali di Thailand.

DPR Minta Insiden Pembakaran Polsek Bendahara Tidak Terjadi Lagi

"Yang paling saya ingat adalah kudeta terhadap PM Thaksin Shinawatra (2006) dan PM Yingluck Shinawatra (2014). Namun, karena ketokohan Raja Bhumibol yang sangat dikagumi dan dihormati oleh rakyat,  mampu menyatukan kembali kekuatan politik negaranya. Atas dasar itulah, sang raja dijadikan sebagai Bapak Bangsa Thailand yang posisinya di atas kekuatan politik," ucap Politisi PAN ini.

Hingga usia 88 tahun, sambung Taufik, Raja Bhumibol Adulyadej merupakan raja yang paling lama memimpin sebuah kerajaan di dunia.

Bamsoet: Anggaran Pendidikan APBN 2019 Harus Bawa Kemajuan

"Beberapa tahun terakhir ini, saya mendengar jika kondisi kesehatan raja memang terus menurun, namun semangat untuk menjaga rakyat, bangsa dan negara tetap bergelora hingga akhir hayatnya, Itu yang harus kita contoh dan tauladani," katanya.

Lebih lanjut dijelaskan Taufik, semua berharap pengganti Raja Bhumibol dapat melanjutkan cara dan gaya kepemimpinannya sebagai Raja Thailand, menjaga rakyat, bangsa dan negara Thailand.

"Selain itu tetap menjaga hubungan bilateral dan multilateral dengan negara khususnya Indonesia," katanya.  (webtorial)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya