Pilkada Langsung Dinilai Bisa Munculkan 'Pemimpin Karbitan'

Wakil Ketua Umum DPP PAN, Taufik Kurniawan.
Sumber :

VIVA.co.id – Wakil Ketua DPR dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN), Taufik Kurniawan, menilai persoalan reformasi hukum yang menjadi paket kebijakan pemerintah sebenarnya juga berkaitan erat dengan masalah kepala daerah dan biaya tinggi dalam proses politik.

PKB dan PKS Sepakati Koalisi di Pilkada Serentak 2024, Khususnya di Jateng dan Jatim

"Sebetulnya pertanyaannya adalah pemimpin itu dilahirkan atau memang lahir dengan sendirinya pemimpin itu muncul? Sekarang ini kan dengan pilkada secara langsung, ini pemimpin itu kan dipaksakan untuk lahir. Dengan apa dipaksakannya, dengan cara-cara kekuatan biaya politik yang tinggi," kata Taufik Kurniawan di Gedung DPR, Jakarta, Rabu 26 Oktober 2016.

Akibat banyak kepala daerah yang muncul dari kekuatan modal, menurutnya berdampak pada tidak adanya pemimpin yang karismatik. Pada akhirnya malah menghasilkan figur pemimpin yang pragmatis.

Waketum Nasdem Ahmad Ali Temui Prabowo Minta Dukungan Maju Pilgub Sulteng

"Bagaimana kemudian dia mendapat jabatan itu pertama kali pasti akan memprioritaskan kembali modal terlebih dahulu," kata Taufik.

Menurut dia, tingginya ongkos politik masih menjadi masalah dan tantangan bersama baik bagi pemerintah, DPR dan juga masyarakat yang selayaknya tak tergiur dengan politik uang khususnya dalam pemilihan kepala daerah.

Survei di Atas 50 Persen, Elite Golkar Dorong Ridwan Kamil Maju Pilgub Jabar Ketimbang Jakarta

Hal tersebut disampaikan Taufik menyusul akan dilangsungkannya Pilkada 2017 secara serentak tahun depan. Para calon kepala daerah di 101 daerah sudah mengambil nomor urut pada Selasa, 25 Oktober 2016.

(ren)

Anies Baswedan usai shalat jumat di Masjid Kubah Emas, Depok

Sinyal Anies Maju Pilkada DKI 2024, PKS: Kalau Memang Cocok, Why Not?

Anies Baswedan digadang-gadang bakal maju kembali pada Pilkada DKI Jakarta tahun 2024. Partai Keadilan Sejahtera (PKS) kembali buka suara soal pengusungannya kepada Anies

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024