September, Golkar Umumkan Wakil Ketua DPR

VIVAnews - Sekretaris Jendral Partai Golkar Soemarsono mengatakan Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dari Partai Golkar akan diumumkan pada pertengahan September. Saat ini ada lima nama yang dikabarkan sudah mengajukan diri sebagai kandidat Wakil Ketua Umum DPR.

Namun Soemarsono mengatakan akan ada kriteria dan persyaratan yang diajukan. Hal ini dikatakan Soemarsono usai mengikuti Rapat Pengurus Harian DPP Partai Golkar di Posko Mangunsarkoro, Rabu, 19 Agustus 2009 malam.

"Insya Allah nanti calon pimpinan DPR (dibahas) pertengahan puasa. Nanti nama ini diumumkan antara 15, 16, 17 September," kata Soemarsono.

Sesuai hasil Rapat Pimpinan Nasional 12 - 13 Agustus kemarin, pengurus Partai Golkar di bawah kepemimpinan Kalla yang akan memilih Wakil Ketua DPR. Sedangkan mekanisme pemilihan akan dilakukan DPP dengan cara voting.

Sedangkan Ketua DPP Partai Golkar Firman Subagyo mengatakan, saat ini ada lima nama yang dikabarkan akan mengajukan jadi Wakil Ketua DPR. "Burhanuddin Napitupulu, Erlangga Sutarto, Agus Gumiwang, Rully Chaerul Azwar, dan Priyo Budi Santoso," kata Firman di kesempatan yang sama.

Namun Soemarsono menjelaskan, akan ada kriteria dan persyaratan yang diajukan DPP dan diedarkan ke DPD tingkat Propinsi. "Berpengalaman di DPR minimal satu periode atau lima tahun. Punya integritas, kredibiltas dan akseptabilitas. Serta kualitasnya jelas karena akan memimpin banyak fraksi," kata Soemarsono.

Sesuai UU Susunan dan Kedudukan DPR, Partai Golkar pemenang kedua Pemilu Legislatif punya hak untuk menduduki Wakil Ketua DPR. Sedangkan Ketua DPR merupakan hak Partai Demokrat sebagai partai pemenang pemilu legislatif.

Tinggalkan Kodam Jaya, Mayjen TNI Putranto Gatot Terima Tongkat Komandan Dewa Perang TNI

ismoko.widjaya@vivanews.com

Farrel Hilal

Alasan Farrel Hilal Memilih Jakarta Selatan sebagai Inspirasi Lagu Debutnya

Lagu ini merupakan perwujudan dari pengalaman hidup Farrel di Jakarta Selatan, yang dipenuhi dengan cerita-cerita menarik tentang kehidupan sehari-hari.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024