Politikus PAN Sesalkan Jokowi Tak Mau Temui Demonstran

Aksi 4 November.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

VIVA.co.id – Ketua Fraksi PAN di DPR RI, Mulfachri Harahap, menyesalkan sikap Presiden Joko Widodo yang tidak mau menemui perwakilan demonstran di Istana Negara, Jumat, 4 November 2016. Aksi damai menjadi ricuh sehingga massa akhirnya bergerak ke gedung DPR RI.

Silaturahmi ke Jawa Timur, Zulkifli Hasan Dapat Gelar Kiai

"Siapa tahu kalau Presiden yang sampaikan sesuatu, massa lebih dingin hatinya dan prosesi aksi bisa berjalan dengan lancar," kata Muilfahri. 

Wakil Ketua Komisi III DPR RI ini menambahkan, bila Presiden Jokowi mau menemui pendemo, mungkin kekacauan ini tidak akan terjadi. "Artinya pada jam aksi damai waktu yang diberikan bisa diakhiri dengan baik. Tadi mereka menunggu pernyataan Presiden," ujarnya.

Pertama Kali, PAN Gelar Musyawarah di Ponpes NU

Mulfahri mengapresiasi sikap Wakil Presiden Jusuif Kalla yang bersedia menerima perwakilan para pendemo. "Tapi ekspektasi demonstran ingin agar ada sebuah imbauan yang keluar dari Presiden," kata Mulfahri.

Ratusan ribu orang dari berbagai organisasi Islam berunjuk rasa, Jumat kemarin. Tumpah di Ibu Kota. Aksi unjuk rasa dari pagi sampai sore berlangsung damai. Bibit kerusuhan mulai terlihat usai azan Magrib, segelintir orang melakukan provokasi. Akhirnya kerusuhan pun pecah.  

Muhaimin Ungkap Isyarat Jokowi jika Ingin Reshuffle Kabinet

Sejumlah orang dilaporkan terluka baik itu dari kalangan pendemo dan petugas polisi yang bersiaga. Tak cuma itu, ada beberapa orang yang terpaksa diamankan lantaran dianggap pelaku provokasi massa.

Kerugian belum dilaporkan dari sisi materiil. Baik itu berupa kerusakan infrastruktur, perusakan kendaraan atau pun hal yang lain. Belum lagi dari sisi perspektif psikologis warga dan lain sebagainya. (ase)

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (tengah)

Jelang Tahun Baru, Zulkifli Hasan Pilih Keliling Sumatera Barat

Sejak tiba di Padang pada 29 Desember 2021, Zulkifli Hasan langsung tancap gas untuk bertemu kader-kadernya di Sumbar.

img_title
VIVA.co.id
30 Desember 2021