Pansel Gelar Seleksi Terbuka Jabatan Sekjen DPR

Sekretaris Jenderal DPR RI Winantuningtyas Titi Swasanany
Sumber :

VIVA.co.id – Ketua Panitia Seleksi (Pansel) sekaligus Sekretaris Jenderal DPR RI Winantuningtyas Titi Swasanany menggelar seleksi terbuka untuk jabatan pimpinan tinggi Madya di lingkungan Sekretariat Jenderal DPR. Seleksi tahap kedua yang beragendakan penulisan makalah ini berlangsung di Gedung Setjen DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin 7 November 2016.

BNPT Rilis Ciri Penceramah Radikal, Ini Respons Anggota DPR

“Alhamdulilah puji syukur, pagi hari ini kita diberikan kelancaran untuk melaksanakan kegiatan hari ini. Kita mengusahakan supaya berjalan tepat waktu sehingga sesuai dengan time-schedule yang sudah diberikan, karena sangat mepet dan kita tidak punya waktu panjang,” ujar Win, panggilan akrab Winantuningtyas Titi saat membuka seleksi untuk Jabatan Sekjen DPR.

Lebih lanjut, Win memaparkan bahwa pendaftaran seleksi jabatan pimpinan tinggi Madya itu telah dilakukan secara terbuka. Sebelumnya, pendaftaran berlangsung secara online dan diikuti oleh 16 orang dari berbagai lembaga maupun Kementerian. Namun, hanya 7 orang berhasil lulus ke tahap selanjutnya, yaitu penulisan makalah.

Pemerintah Mau Pandemi Jadi Endemi, Anggota DPR: Harus Ada Standar

Adapun ketujuh peserta yang lulus penilaian administrasi ialah Damayanti, Rahayu Setya Wardani, Setyanta Nugraha, Djaka Dwi Winarko, Mardian Umar, Rudi Rohmansyah dan Karjono.

Menurut Win, seleksi tahap dua ini cukup penting karena menjadi salah satu tolak ukur seberapa jauh pendalaman peserta terkait fungsi serta peran Setjen sebagai supporting system dalam meningkatkan kinerja dewan. Setelah itu, pada tahap selanjutnya, panitia seleksi akan melibatkan pihak ketiga untuk melakukan evaluasi dan assesment.

Atasi Gejolak Harga Pangan, Anggota DPR Desak Pemerintah Buat HET

“Nanti ada assesment yang akan melibatkan pihak ketiga, yang punya kompetensi untuk melakukan itu. Jadi, masih ada tahapan lagi seperti wawancara dan kita harapkan juga ada semacam medical check-up,” ujarnya.

Kepada peserta yang terpilih nantinya, Win berharap kompetensi peserta terpilih semakin  ditingkatkan dan  harus memiliki integritas. Mengingat, jabatan sekjen cukup dinamis dan jam kerjanya yang tidak terbatas waktu.

“Tantangan ke depan itu lebih berat, sekarang pun dinamikanya luar biasa tinggi, bahkan tidak kenal waktu, jadi harus ada keikhlasan dan tentu harus berintegritas. Tidak hanya cepat tetapi juga harus cerdas,” kata wanita yang menjabat Sekretaris Jenderal sejak tahun 2013 itu.

Sebanyak 5 peserta yang mengikuti tahapan seleksi kedua ini, yakni penulisan makalah. Adapun tema makalah sudah ditentukan oleh Pansel dan bersifat rahasia. Selain itu, Pansel juga menyiapkan fasilitas pendukung seperti komputer jinjing untuk para peserta seleksi terbuka. (www.dpr.go.id)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya