Dituding Jadi Aktor Demo 4 November, Ini Kata Fahri Hamzah

Wakil Ketua DPR, Fahri Hamzah dan Fadli Zon.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Eka Permadi

VIVA.co.id – Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah, merespons tudingan politikus Partai Nasdem, Taufiqulhadi, yang menduga aktor politik yang menunggangi aksi demo pada 4 November 2016 lalu. Fahri meminta tudingan itu sebaiknya disampaikan langsung Presiden Joko Widodo.

M Kece Dituntut 10 Tahun Penjara

"Minta Jokowi dong (sebutkan aktor politik yang tunggangi demo). Kok muter ke orang lain," kata Fahri  melalui pesan singkat pada VIVA.co.id, Selasa, 8 November 2016.

Saat ditanya sebab Fahri Hamzah dituding sebagai aktor politik yang menunggangi demo 4 November karena sempat berorasi untuk menjatuhkan pemerintahan dengan parlemen jalanan maupun parlemen ruangan, Ia enggan berkomentar lebih banyak.

Marak Kasus Penistaan Agama di Pakistan, Perempuan Muda Divonis Mati

"Kalau dia (Taufiqulhadi) Jokowi, saya jawab," kata Fahri.

Fahri tak ingin menanggapi tudingan itu dengan serius. Pasalnya, Ia menilai Presiden Jokowi memang tak jelas atas tuduhan soal aktor politik yang menunggangi demo tersebut.

Ferdinand Hutahaean Tulis Surat Permohonan Maaf dari Penjara

Sebelumnya, usai aksi unjuk rasa pada Jumat, 4 November 2016, yang menuntut proses hukum atas dugaan penistaan agama oleh Basuki Tjahja Purnama, tengah malam itu juga Presiden menyampaikan keterangan pers.

Presiden menyebut, ada aktor politik yang menunggangi aksi jutaan umat Islam yang awalnya berlangsung damai dan tertib, namun berakhir ricuh

Terkait hal ini, Dewan Pakar DPP Partai NasDem, Teuku Taufiqulhadi menduga memang ada provokator atas demo 4 November lalu .

"Saya katakan ada dua orang tokoh. Keduanya adalah pimpinan, kedua-duanya Wakil Ketua DPR. Saya ingin tanyakan kenapa hadir di sana," kata Taufiqulhadi.

Ia mempertanyakan dua pimpinan DPR itu seperti memberi kesempatan pada rakyat Indonesia bersikap inskonstitusional dengan menjatuhkan pemerintah dalam orasi mereka.

"Kenapa ada orasi seperti itu. Jadi saya curigai Fadli Zon dan Fahri Hamzah ada di belakang semua ini. Kental sekali (muatan politis). Jelas sekali. Kenapa selesai, ada kerusuhan demikian rupa, pasti ada aktor di balik itu. Dan aktor ini berharap kerusuhan lebih luas lagi. Hanya saja keamanan tanggap dan selesai di situ," kata Taufiqulhadi.(ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya