DPR Minta Pemerintah Cermati Sikap Presiden AS Terpilih

zainudin amali
Sumber :
  • anataranews.com

VIVA.co.id – Pemerintah RI diminta mencermati sikap Presiden AS terpilih Donald Trump soal Palestina dan Kemitraan Trans Pasifik (Trans-Pacific Partnership/TPP).

Donald Trump dan Kedua Anaknya Akan Diperiksa Terkait Penipuan

"Ada dua hal yang masih kita tunggu jawabanya adalah kelanjutan soal Palestina dan TPP," kata Anggota Komisi I DPR Zainudin Amali di kompleks Parlemen, Senayan, Jumat 11 November 2016.

Menurut Zainudin, sebenarnya wacana perdamaian di Palestina sudah hampir terwujud ketika pemerintahan Obama. Ia khawatir hal itu akan punah di bawah rezim Donald Trump.

Donald Trump Ambil Surat Cinta Kim Jong Un dari Gedung Putih

"Pada zaman Obama sudah hampir terwujud, apakah nanti pada Donald Trump ini akan buyar lagi, karena kemarin ada statemen Menteri Pendidikan Israel Naftali Bennett yang merasa senang dengan terpilihnya Donald Trump bahwa urusan Palestina pasti berhenti, itu statemen menteri pendidikan Israel," ujarnya.

Kedua, kata Zainudin, persoalan TPP. Dimana Indonesia tengah berupaya untuk masuk dalam TPP. Hal inilah yang harus dicermati pemerintah Indonesia.

5 Fakta Tewasnya Jenderal Qassem Soleimani, Iran Akan Balas Dendam?

"Dalam kampanyenya (Donald Trump) akan bubarkan TPP, dia tidak setuju itu dan bagaimana posisi Indonesia yang sedang berusaha berada dalam TPP itu, nah ini dua hal yang perlu kita cermati hari-hari ke depan," kata Zainudin.

Ia berharap ucapan Donald Trump yang akan bubarkan TPP saat kampanye tidak benar-benar diwujudkan.

"Kalau dalam kampanye itu untuk meraih suara, tapi pas dia jadi presiden itu tidak dilakukan, itu sangat baik, tetapi kalau dia konsisten dalam kampanye Pilpresnya maka urusan Palestina dan TPP akan mengalami ancaman, itu saya kira yang kita amati hari-hari ke depan," katanya.  (webtorial)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya