Merauke Bisa Jadi Penyuplai Pangan Nasional

Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo.
Sumber :

VIVA.co.id – Kabupaten Merauke sudah ditetapkan oleh pemerintah sebagai salah satu lumbung pangan nasional. Kekayaan pertanian dan perikanannya luar biasa. Karenanya, bisa jadi penyuplai pangan nasional.

Daftar Harga Pangan 18 April 2024: Beras Premium hingga Gula Konsumsi Naik

Demikian disampaikan Ketua Komisi IV DPR RI Edhy Prabowo usai bertemu Wakil Bupati Merauke di Merauke, Papua, Jumat 11 November 2016. Dengan menjadi penyuplai pangan nasional, pemerintah tak perlu lagi melakukan impor pangan.

"Di Merauke ada jenis tebu endemik yang sangat bagus sebagai bahan baku produksi gula. Pertanian dan perikanannya juga sangat luar biasa. Jadi, kita berkunjung ke sini untuk mengetahui apa saja kendala yang masih ditemukan sebagai lumbung pangan nasional," ujarnya.

Daftar Harga Pangan 17 April 2024: Cabai Rawit hingga Telur Ayam Naik

Otoritas pertanian setempat memaparkan, kendala utama di Merauke adalah infrastruktur pertanian dan alih lahan, dari hutan menjadi areal sawah. Infrastruktur yang dimaksud adalah jaringan irigasi yang belum banyak dibangun.

Sementara alih lahan masih jadi kendala lain di lapangan. Banyak petani di Merauke yang menginginkan kepastian alih lahan agar bisa digarap menjadi areal persawahan. Ini butuh bantuan kementerian terkait agar alih lahan menjadi jelas.

Daftar Harga Pangan 16 April 2024: Beras hingga Daging Turun

Sebelumnya, dalam pertemuan dengan Wakil Bupati dan jajaran SKPD lainnya, Edhy menegaskan, Merauke bisa jadi kawasan yang hebat dan luar biasa di Indonesia, karena kekayaan sektor pertanian dan perikanannya.

"Mestinya, kehebatan Merauke ini sudah bisa diangkat sejak lama," kata politisi Partai Gerindra itu.  (www.dpr.go.id)

Harga komoditas pangan stabil

Harga Pangan Naik Gegara Perang Israel Vs Iran?

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengungkapkan alasan harga pangan saat ini bergejolak.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024