PKS Tak Larang Kader Demonstrasi Anti-Ahok 25 November

Presiden PKS, Mohamad Sohibul Iman.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id - Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Mohamad Sohibul Iman, mengaku tak bisa melarang kadernya yang berniat bergabung bersama massa muslim dalam demonstrasi besar-besaran pada 25 November 2016, yang akan kembali berlangsung di Jakarta. Bagi Sohibul, demonstrasi adalah hak konstitusional setiap warga negara.

Massa PKS Hari Ini Gerudug KPU Depok Tuntut Usut Dugaan Penggelembungan Suara Caleg DPR RI

"Termasuk kader PKS. Mereka juga punya hak konstitusional untuk melakukan demonstrasi," kata Sohibul kepada wartawan usai kegiatan sarasehan bertajuk Ekonomi Transformasi Jawa Timur Menuju Kemandirian di Surabaya pada Senin, 14 November 2016.

Namun, Sohibul menjelaskan, PKS juga telah melaksanakan peranannya untuk menyikapi aksi itu, misalnya, melalui wakil-wakil mereka di DPR. Petinggi PKS pun telah bertemu Panglima TNI untuk membicarakan rencana demonstrasi itu.

Rencana PKS Batalkan IKN Nusantara Dinilai Sangat Emosional dan Tidak Visioner

Dia berharap aksi yang akan dilakukan umat Islam itu tetap berjalan tertib agar tuntutan yang disampaikan tetap fokus. "Tunjukkan ke masyarakat bahwa umat Islam bisa melakukan aksi secara damai dan tertib," katanya.

Rencana demonstrasi pada 25 November itu menindaklanjuti unjuk rasa pada 4 November 2016. Aksi tersebut menuntut aparat penegak hukum mengusut tuntas dugaan penistaan agama oleh Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, calon petahana Gubernur DKI Jakarta.

Jubir PKS: Anies Baswedan Seorang Teknokrat Pengalaman Lengkap, Bukan Kaleng-Kaleng

(ren)

Capres Anies Baswedan dan Presiden PKS Ahmad Syaikhu.

Nama Anies Baswedan Mencuat Maju di Pilkada DKI Jakarta 2024, PKS Siap Usung Lagi?

Sosok Anies Baswedan, kembali mencuat untuk diajukan sebagai calon gubernur, atau cagub, di Pilkada DKI Jakarta 2024. PKS, yang kerap mengusungnya, bagaimana melihat itu?

img_title
VIVA.co.id
18 Maret 2024