PKS Tak Larang Kader Demonstrasi Anti-Ahok 25 November

Presiden PKS, Mohamad Sohibul Iman.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id - Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Mohamad Sohibul Iman, mengaku tak bisa melarang kadernya yang berniat bergabung bersama massa muslim dalam demonstrasi besar-besaran pada 25 November 2016, yang akan kembali berlangsung di Jakarta. Bagi Sohibul, demonstrasi adalah hak konstitusional setiap warga negara.

Tolak Pengesahan UU DKJ, PKS Bilang Gedung DPR Belum Dibangun di IKN

"Termasuk kader PKS. Mereka juga punya hak konstitusional untuk melakukan demonstrasi," kata Sohibul kepada wartawan usai kegiatan sarasehan bertajuk Ekonomi Transformasi Jawa Timur Menuju Kemandirian di Surabaya pada Senin, 14 November 2016.

Namun, Sohibul menjelaskan, PKS juga telah melaksanakan peranannya untuk menyikapi aksi itu, misalnya, melalui wakil-wakil mereka di DPR. Petinggi PKS pun telah bertemu Panglima TNI untuk membicarakan rencana demonstrasi itu.

Terima Prabowo-Gibran Menang Pilpres 2024, Sekjen PKS: Masalah Hukum Itu Lain Ceritanya

Dia berharap aksi yang akan dilakukan umat Islam itu tetap berjalan tertib agar tuntutan yang disampaikan tetap fokus. "Tunjukkan ke masyarakat bahwa umat Islam bisa melakukan aksi secara damai dan tertib," katanya.

Rencana demonstrasi pada 25 November itu menindaklanjuti unjuk rasa pada 4 November 2016. Aksi tersebut menuntut aparat penegak hukum mengusut tuntas dugaan penistaan agama oleh Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, calon petahana Gubernur DKI Jakarta.

Nama Anies Baswedan Mencuat Maju di Pilkada DKI Jakarta 2024, PKS Siap Usung Lagi?

(ren)

Jumpa pres Kick OFF Pilkada Serentak 2024, di Grandhika Hotel Medan, beberapa waktu lalu.(B.S.Putra/VIVA)

PKS Siapkan Kader Terbaik di Pilkada Sumatera Utara, Siapa Orangnya?

Dewan Pimpinan Wilayah Partai Keadilan Sejahtera atau PKS, Sumatera Utara, sedang mempersiapkan kader terbaik mereka di internal untuk diusung pada Pilkada Serentak 2024.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024