Absensi DPR Rendah, Ketua Fraksi Bakal Dipanggil

Gedung Parlemen
Sumber :

VIVA.co.id – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Ade Komarudin akan mengundang para pemimpin fraksi untuk berdiskusi terkait dengan kinerja anggotanya yang rendah. Hal itu tercermin dari rendahnya absensi para anggota. 

Panggil Arteria Tanpa Izin Presiden, Kapolres Bandara Dipersoalkan

"Ini tugas saya di awal-awal yang paling penting di awal persidangan. Sebelumnya sudah dibahas juga. Kami akan diskusi keras soal (absensi) itu," ujar Ade di gedung DPR, Jakarta, Senin, 14 November 2016.

Ia menambahkan, pihaknya  juga akan mengundang Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) untuk mencari jalan keluar atas masalah ini. Sebab, persoalan absensi anggota DPR ini harus diselesaikan secara sistem.

Tersandung Kasus Suap, Azis Syamsuddin Tidak Disidang Etik DPR

"Kalau tak diikat sistem tak bisa diselesaikan. Yang pasti akan saya undang ketua-ketua fraksi. Yang pasti mereka gelisah sudah lama saat diskusi dengan saya," kata Ade.

Saat ditanya persoalan absensi ini bisa diatasi dengan mesin finger print, ia menilai masalah ini tidak bisa diselesaikan hanya dengan itu. Sebab, alat tersebut juga bisa diotak-atik.

Terima Laporan Terkait Azis Syamsuddin, MKD Akan Bahas Usai Reses

Seperti diketahui, pada daftar hadir sidang paripurna masa sidang pertama tahun 2016-2017 (periode 16 Agustus hingga 28 Oktober 2016) rata-rata kehadiran anggota DPR adalah 41,79 persen.

Fadli Zon saat diwawancara awak media.

Nasib Fadli Zon soal Cuitan Invisible Hand di Balik UU Cipta Kerja

Anggota DPR Fadli Zon dilaporkan ke MKD DPR gegara cuitannya di Twitter soal invisible hand UU Ciptaker.

img_title
VIVA.co.id
9 Desember 2021