KPU Bersiap Lebaran Tetap Bekerja

VIVAnews - Anggota DPR hasil pemilu 2009 dilantik pada 1 Oktober 2009. Hari ini KPU mulai bersiap pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan itu. Antara lain, KPU bersiap tidak libur Lebaran.

"Anggota DPR RI akhir September sudah harus ada di Jakarta karena tanggal 1 Oktober sudah pelantikan. KPU nggak libur selama Lebaran," kata Anggota KPU Andi Nurpati di Kantor KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta, Senin 24 Agustus 2009.

Menurut dia, anggota DPR dan DPD diundang tanggal 28 September untuk orientasi dan gladi bersih. "Mungkin kami akan isi 28 (September) malam, 29, dan 30 gladi bersih," ujarnya.

Andi menuturkan persiapan penambilan sumpah janji itu disinkronkan dengan jadwal DPR melakukan orientasi awal. "Paling tidak pembekalan atau orientasi awal tidak mungkin dilakukan sebelum mereka resmi dilantik sebagai anggota DPR RI," katanya.

Pleno siang ini, KPU juga membahas pelantikan anggota DPRD. Rupanya, beberapa daerah, masa bakti anggota DPRD habis pada hari libur dan berdekatan waktu lebaran. Misalnya, Sulawesi Selatan jatuh pada 23 September atau dua hari setelah lebaran.  Masalahnya, pelantikan anggota baru bertepatan berakhirnya masa bakti anggota lama. "Kami berharap on time saja sesuai dengan berakhirnya masa jabatan," kata Andi.

Persoalan administrasi juga menjadi perhatian dalam koordinasi antara KPU dan Departemen Dalam Negeri itu. SK anggota DPRD harus dikeluarkan oleh Depragri. Nah, KPU menyiapkan data belum ada di Depdagri. "Untuk itu kami tadi men-deadline bagi pelantikan yang harus segera dilakukan Agustus ini harus sesegera mungkin menyelesaikan sebelum pelantikan itu dilakukan," ujarnya.

DPRD yang melakukan pelantikan Agustus ini antara lain Sumatera Barat, Bengkulu, Daerah Khusus Ibukota Jakarta, Jawa Barat, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jawa Timur, Banten, Bali, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur. "Untuk DKI, SK-nya sudah ditandatangani oleh Mendagri dan sudah dikirim ke DKI untuk pelantikan besok (Selasa, 25 Agustus 2009)," kata Andi.

PDIP Minta Penetapan Prabowo Ditunda karena Gugatan di PTUN, KPU Tegaskan Ini
Ilustrasi biji Kopi.

6 Makanan yang Sebaiknya Dihindari saat Menikmati Secangkir Kopi

Bagi banyak orang, kopi adalah minuman wajib untuk memulai hari. Rasanya yang khas dan efek kafeinnya dapat membantu meningkatkan fokus dan kewaspadaan.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024