NU Ingatkan Tak Boleh Ada Isu Pemakzulan Jokowi

Ketua Umum NU, Said Aqil Siroj.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id - Nahdlatul Ulama (NU) mengingatkan masyarakat agar tak mengembangkan wacana pemakzulan alias penggulingan Presiden Joko Widodo, terutama yang memanfaatkan kasus dugaan penistaan agama oleh gubernur nonaktif DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Pendeta Gilbert Olok-olok Salat dan Zakat, PBNU: Kami Umat Islam Diajarkan untuk Menahan Emosi

Menurut Ketua Umum Pengurus Besar NU, Said Aqil Siroj, tak ada alasan mendasar dan prinsip untuk memakzulkan Presiden. Sistem pemerintahan presidensial pun menjamin presiden tidak dapat diberhentikan di tengah memerintah, kecuali melakukan pelanggaran konstitusi.

"Sistem presidensial tidak mengenal (presiden boleh) diturunkan di tengah jalan, kecuali kalau ada pelanggaran prinsip dengan melanggar Pancasila dan Undang-Undang 1945," kata Said dalam konferensi pers di kantor pusat NU di Jakarta pada Kamis, 17 November 2016.

Profil Bupati Sidoarjo Gus Muhdlor yang Jadi Tersangka Korupsi Pemotongan Insentif

Dia mengingatkan juga peristiwa kelam pemakzulan Presiden Abdurrahman Wahid alias Gus Dur pada 2001. "Jangan sampai peristiwa Gus Dur itu terulang kembali. Tidak boleh ada yang menurunkan presiden kalau tidak melakukan pelanggaran berat," katanya.

Wacana pemakzulan presiden itu, katanya, memang tak menguat. Namun tetap berbahaya kalau terus dikembangkan, apalagi memanfaatkan isu penistaan agama. "Tapi terlalu jauh ke arah situ," katanya.

Mengenal Gus Iqdam, Pendakwah Muda dengan Gaya Lucu dan Energik Jadi Idola Milenial

(ren)

Gowes Ansor 90 Kilometer

GP Ansor Ungkap Makna Gowes 90 KM, Simbol Perjuangan Menuju Indonesia Emas 2045

Pengurus Pusat Gerakan Pemuda Ansor menggelar gowes atau bersepeda santai sepanjang 90 kilometer dari Jakarta ke Bogor, Jawa Barat pada Minggu, 21 April 2024. Kegiatan ba

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024