Golkar dan PDIP Masuk Kabinet

SBY Hati-hati Bahas Golkar dan PDIP

VIVAnews – Wakil Ketua Umum Partai Demokrat, Achmad Mubarok, mengatakan penyiapan jatah kursi menteri untuk Partai Golkar dan PDI Perjuangan dalam kabinet pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono periode 2009-2014, masih bersifat wacana.

“Sekarang ini belum ada keputusan yang definitif, pembahasannya belum apa-apa, jadi masih wacana-wacana,” kata Achmad Mubarok, Selasa 25 Agustus 2009.

Bocornya informasi bahwa kedua partai itu telah disiapkan untuk menempati empat kursi menteri, menyusul dengan menguatnya wacana Partai Golkar dan PDI Perjuangan masuk kabinet SBY- Boediono.

Nama MS Hidayat (Ketua Kamar Dagang Indonesia) dan Tubagus Haryono (Kepala BPH Migas) disebut-sebut akan mewakili Partai Golkar. Sedangkan PDI Perjuangan masih dalam tahap penjajakan.

Achmad Mubarok mengungkapkan dalam berbagai forum rapat untuk membicarakan susunan kabinet, SBY selalu bertindak sangat hati-hati membicarakan masalah kursi menteri. “SBY tidak pernah terburu-buru,” kata Achmad Mubarok.

Dalam rapat pembahasan penyusunan kabinet seperti itu, kata dia, banyak hal yang disinggung, termasuk juga Partai Golkar dan PDI Perjuangan.

Akan tetapi, Achmad tidak bersedia menjelaskan apakah juga menyinggung bidang kementerian apa yang paling tepat untuk Partai Golkar dan PDI Perjuangan. “Kalau soal itu, SBY yang memahaminya,” kata dia.

Lalu bagaimana dengan kader dari Partai Demokrat sendiri? Setengah dari anggota Tim Sembilan atau tim yang selama ini menjadi garda terdepan dalam mensukseskan pencalonan Yudhoyono dipastikan bakal mendapatkan posisi menteri. Sisanya, akan menempati pimpinan di DPR.

Jero Wacik yang kini menjabat Menteri Kebudayaan dan pariwisata diperkirakan akan dipertahankan. Sedangkan menteri lainnya dari Demokrat akan dievalusi terlebih dahulu sesuai dengan kinerjanya selama lima tahun.

Sedangkan sang nahkoda partai, Hadi Utomo, tidak masuk dalam pemerintahan. Alasannya, dia ingin pensiun dari panggung politik.

Sementara untuk parati koalisi yang lolos electorald treshold, akan mendapatkan porsi dua kursi di kabinet. Namun, khusus untuk Partai Keadilan Sejahtera, kemungkinan akan mendapatkan lebih dari dua kursi.

SBY-Boediono sendiri kini secara berkala melakukan pertemuan di kediaman pribadi SBY, Puri Cikeas, Gunung Putri, Bogor untuk menggodok kabinet.

 

Yamaha Aerox 2024 Makin Sporty dan Elegan dengan Warna Barunya
MIND ID di Pameran Festival PPKL.

Pameran Festival PPKL, MIND ID Paparkan Upaya Jaga Lingkungan

Ada tiga topik utama yang ditampilkan dalam pameran.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024